alexametrics

5 Jenis Burung Loverbird, Semuanya Imut dan Menggemaskan

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Jenis Burung Loverbird, Semuanya Imut dan Menggemaskan
Ilustrasi burung lovebird. (Pixabay/juliusH)

Berikut beberapa jenis burung lovebird. Mana yang kira-kira bakal jadi favoritmu?

Suara.com - Lovebirds adalah burung yang menggemaskan untuk dipelihara. Jenis burung lovebird juga cukup beragam. Hewan peliharaan satu ini punya banyak penggemar karena mereka suka diemong, seperti namanya.

Dilansir dari Petkeen, Jumat (26/11/2021), ada 5 jenis lovebird yang saat ini ditemukan di dunia, antara lain:

Rosy-Faced atau Peach-Faced Lovebird (Agapornis roseicollis)

Rosy-Faced atau Peach-Faced Lovebird adalah jenis burung lovebird yang paling umum untuk dimiliki sebagai hewan peliharaan. Bulu mereka indah dan wajah imut.

Baca Juga: Dua Ekor Elang Bondol Dilepasliarkan di Hutan Seberang Bersatu Belitung

Ilustrasi burung lovebird. (Pixabay/hoppelpoppel82)
Ilustrasi burung lovebird. (Pixabay/hoppelpoppel82)

Mereka relatif mudah dirawat, tapi kadang bisa menjadi agresif. Jadi, lebih baik hati-hati dengan mereka ketika Anda pertama kali memulai interaksi.

Mereka cenderung berwarna oranye atau merah yang lebih gelap di atas mata dan dahi. Kebanyakan bulu mereka berwarna hijau tua, memudar menjadi pantat hitam.

Kakinya berwarna abu-abu. Burung ini biasanya juga punya mata berwarna coklat tua atau hitam dengan paruh berwarna tanduk.

Habitat mereka adalah daerah kering di Afrika Barat Daya. Mereka tak pilih-pilih soal lingkungan mereka dan akan tinggal di pedesaan terbuka, pegunungan, hutan, bahkan daerah semi-gurun di dekat sumber air.

Ukuran jenis lovebird lucu ini relatif kecil, sekitar 7-8 inci dari kepala ke ujung ekor dan beratnya kurang dari 2 ons.

Baca Juga: Viral, Burung Pembawa Rezeki, Netizen: Kalau Ternak Bisa Jadi Sultan

Black Masked atau Yellow Collared (Argaponis personata)

Lovebird ini memiliki dua nama umum, yaitu black masked dan yellow collared. Mereka bisa dibilang merupakan spesies lovebird yang sedikit lebih mudah untuk dimiliki karena cenderung kurang agresif daripada Lovebird Rosy Faced.

Burung ini memiliki kepala berwarna hitam yang tampak seperti topeng di sekitar mata dan paruhnya. Paruhnya juga tampak cemerlang dalam warna merah cerah dan mencolok.

Asal jenis lovebird ini adalah timur laut Tanzania. Ukuran burung jantan sedikit lebih besar dari betina dalam spesies ini.

Namun, Black Masked atau Yellow Collared tetap tidak akan memiliki berat lebih dari 1,75 ons dan seringkali bahkan lebih kecil dari Lovebirds Rosy-Faced, dengan panjang maksimum sekitar 2,3 inci.

Lovebird Fischer (Agapornis fischeri)

Lovebirds Fischer tampak menonjol dengan warna bulu yang cemerlang dan sangat bervariasi. Mereka populer dan banyak disukai karena sifatnya yang sangat suka bermain, tapi tetap cenderung lebih tenang daripada spesies burung beo atau lovebird lainnya. Mereka begitu energik dan sosial dan umumnya sangat baik dalam menjalin ikatan.

Lovebird Fischer didominasi bulu hijau-biru cerah dengan sedikit perubahan warna di dada, sayap, dan punggung. Warna ini akan memudar menjadi kuning keemasan di bagian leher, lalu terus berubah menjadi oranye dan coklat di bagian atas kepala mereka. Mereka semakin menarik karena punya paruh oranye gelap dan cincin putih di sekitar mata.

Jenis burung lovebird ini berasal daerah kecil Afrika di sepanjang sabuk selatan Danau Victoria, Tanzania. Perubahan iklim lalu menyebabkan sebagian dari mereka migrasi ke Rwanda dan Burundi.

Fischer termasuk spesies lovebird terkecil, cuma mencapai sekitar 5 inci dari kepala ke ekor dan beratnya antara 1,5-2 ons.

Nyasa atau Lilian’s Lovebird (Agapornis lilianae)

Nyasa atau Lovebird Lilian kadang bisa ditemukan di penangkaran. Namun, mereka seringkali hanya dipelihara oleh peternak karena sangat sulit berkembang biak sehingga terancam punah.

Lovebird Nyasa tampak lumayan mirip dengan Lovebird Fischer tapi warnanya jauh lebih lembut. Bagian depan wajah mereka, sedangkan bagian atas kepala berwarna merah kemerahan atau oranye. Warna tersebut bakal memudar menjadi oranye terang dan kemudian kuning di kepala dan dada mereka.

Sisa bulu di tubuh berwarna hijau cerah, dengan beberapa warna biru pada bagian sayap. Jenis burung lovebird satu ini juga memiliki cincin putih di sekitar mata hitam mereka dan paruh oranye terang.

Nyasa atau Lilian’s Lovebird punya wilayah asli yang lebih luas tetapi kawanan yang jauh lebih sedikit dan lebih kecil. Mereka tinggal di daerah Malawi, Mozambik, Zambia, Zimbabwe, dan Tanzania.

Ukuran lovebird kecil ini hanya bisa mencapai maksimum 5,4 inci dari atas kepala hingga ekornya. Beratnya juga cuma antara 1-1,3 ons.

Lovebird Black Cheeked (Agapornis nigrigenis)

Mereka mulanya dianggap sebagai subspesies dari Lovebird Nyasa, tapi kemudian diakui sebagai spesies individu. Tubuhnya ditutupi bulu hijau gelap pada bagian sayap dan hijau limau di bagian bawahnya. Ini memudar menjadi coklat muda di bagian dada, lalu menjadi oranye.

Bagian atas kepala Lovebird Black Cheeked dan sekitar paruh berwarna coklat tua dengan lingkaran putih di sekitar mata. Burung ini juga punya paruh merah cerah.

Lovebird Black Cheeked berasal dari Zambia barat daya. Sebagian telah terlihat di Zimbabwe, Namibia, dan Botswana saat bermigrasi untuk sumber air. Mereka mempunyai panjang rata-rata 5,5 inci dan berat maksimal sekitar 1,4 ons.

Itulah beberapa jenis burung lovebird yang perlu diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar