alexametrics

8 Penyebab Kucing Muntah yang Wajib Dipahami, Lakukan Hal Ini Sebagai Langkah Pencegahan

Arendya Nariswari
8 Penyebab Kucing Muntah yang Wajib Dipahami, Lakukan Hal Ini Sebagai Langkah Pencegahan
Ilustrasi oren [shutterstock]

Anabul mendadak sakit? Simak penyebab dan cara mengatasinya kucing muntah berikut ini.

Suara.com - Sama seperti manusia, kucing bisa muntah karena berbagai alasan. Beberapa penyebab kucing muntah relatif jinak dan bahkan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun beberapa penyebab yang lain bisa jauh lebih serius. Dilansir dari laman Great Pet Care, Minggu (28/11/2021), berikut ini adalah beberapa penyebab kucing muntah yang perlu diketahui para pemilik kucing.

1. Menelan Bola Rambut/Hairball

Saat kucing menjilati diri mereka sendiri, lidah kasar mereka menarik bulu lepas dari tubuh mereka yang kemudian ditelan. Rambut dalam jumlah besar dapat menumpuk di perut dan tidak mudah dicerna, menyebabkan kucing memuntahkan bola rambut. Penyebab muntah ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika kucing Anda sering mengalami kerontokan bulu, Anda perlu mengatasinya dengan dokter hewan.

2. Gastroenteritis

Baca Juga: Cewek Ini Minta Bantuan Mekanik Bengkel Buka Cover Motornya, Isinya Mengejutkan

Gastroenteritis pada dasarnya adalah istilah untuk sakit perut, yang dapat terjadi sebagai akibat dari ketidakhati-hatian diet, racun, atau efek samping obat. Beberapa penyebab gastroenteritis ringan dan akan sembuh dengan sendirinya, namun yang lain bisa lebih serius dan memerlukan perhatian dokter hewan.

3. Masuknya Benda Asing ke Tubuh Kucing

Jika kucing Anda memakan benda asing seperti mainan, seutas tali, ikat rambut, atau benda asing lainnya, ini dapat menyebabkan penyumbatan dan kerusakan pada saluran pencernaan yang dapat menyebabkan muntah. Penyebab muntah ini serius dan membutuhkan perhatian dokter hewan segera.

Ilustrasi kucing (Elements Envato)
Ilustrasi kucing (Elements Envato)

4. Alergi Makanan dan Penyakit Radang Usus

Alergi cukup jarang terjadi pada kucing, tetapi dapat menyebabkan muntah karena peradangan pada saluran pencernaan yang terjadi saat kucing memakan makanan pemicu. Beberapa kucing mungkin juga mengalami diare kronis akibat kondisi ini.

Baca Juga: Cerita Bos WNA Pelihara Kucing Liar di Kantor, Karyawan Ikut Kecipratan Untung

5. Penyakit Sistemik

Penyakit kronis seperti penyakit ginjal , pankreatitis, dan hipertiroidisme semuanya dapat menyebabkan mual dan muntah kronis karena berbagai mekanisme. Mengatasi penyebab muntah ini memerlukan identifikasi kondisi yang mendasarinya, dan banyak dari kondisi ini memerlukan perawatan seumur hidup.

6. Parasit

Penyebab muntah ini lebih sering terjadi pada anak kucing, tetapi dapat terjadi pada hewan dari segala usia. Kadang-kadang, pemilik hewan peliharaan bahkan akan melihat cacing hidup dalam muntahannya. Kabar baiknya adalah bahwa dengan mengobati parasit akan mengatasi muntah.

7. Kanker

Kanker saluran pencernaan cukup umum pada kucing dan dapat menyebabkan muntah dengan mengganggu pencernaan normal. Kanker di area tubuh lain juga dapat menyebabkan perasaan mual, tidak nyaman, dan malaise yang juga dapat menyebabkan muntah. 

8. Pengobatan Rumahan untuk Kucing Muntah

Sebaiknya jangan mencoba mengobati kucing muntah di rumah tanpa berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu. Banyak penyebab kucing muntah, seperti benda asing, dapat menyebabkan kerusakan parah atau bahkan kematian jika tidak segera ditangani dengan tepat. 

Jika kucing Anda muntah hanya karena bola bulu, dokter hewan Anda mungkin menyarankan untuk m perawatan bola bulu yang dijual bebas setiap hari untuk membantu bulu melewati saluran pencernaan kucing Anda.

Selalu jaga kesehatan makanan dan lingkungan tempat tinggal kucing Anda. Jangan pernah memberi kucing muntah dengan obat apapun yang dijual bebas kecuali resep dari dokter hewan.

Komentar