alexametrics

4 Makanan Khas Jawa yang Punya Rasa Istimewa, Nyesel Kalau Belum Pernah Cicip

Arendya Nariswari
4 Makanan Khas Jawa yang Punya Rasa Istimewa, Nyesel Kalau Belum Pernah Cicip
Ilustrasi gudeg khas Yogyakarta. (Instagram/@athaliaafood.id)

Mulai dari gudeg sampai rujak cingur, ini 4 makanan khas Jawa yang punya rasa menggugah selera dan ngangenin.

Suara.com - Pulau Jawa selalu memiliki ciri khas kental pada sektor kulinernya. Cukup banyak makanan khas Jawa yang kemudian beredar di seluruh Indonesia, dan kemudian disukai masyarakat. Tentu saja, daftar makanan khas Jawa berikut ini dibuat agar Anda memiliki referensi lebih banyak untuk khasanah kuliner.

Beberapa makanan yang sangat khas, bisa Anda lihat di bawah ini!

1. Mie Lethek

Mie Lethek. (Shutterstock)
Mie Lethek. (Shutterstock)

Makanan khas Jawa ini berasal dari Yogyakarta, dan merupakan mi goreng yang khas. Jika dilihat dari namanya mungkin agak kurang menggugah selera. Tapi dapat kami pastikan, rasanya yang otentik akan jadi daya tarik yang membuat Anda ketagihan.

Baca Juga: Lesehan Sayidan: Nikmati Sensasi Kulineran di Pinggir Kali Code

Ketika memesannya, jangan lupa untuk menambahkan telur, daging ayam, dan sayuran segar agar mi lethek Anda semakin nikmat.

2. Rujak Cingur

Ilustrasi rujak cingur (iStockphoto)
Ilustrasi rujak cingur (iStockphoto)

Dari Yogyakarta kira beralih ke Jawa Timur, yang menjadi rumah dari rujak cingur. Makanan ini sendiri sebenarnya tidak berarti rujak secara harfiah, namun lebih ke lotek yang ditambahkan bumbu petis dan cingur (bagian hidung dan mulut sapi).

Rasa khas dari petis membuat rujak cingur jadi makanan yang keunikannya tidak tergantikan. Saat ke Jawa Timur, pastikan Anda mencicipi rujak otentik ini ya!

3. Getuk

Baca Juga: Ngemood Mie: Sensasi Makan Mie Bakar Pedas yang Menggugah Selera

Getuk lindri (foto: Sam August)
Getuk lindri (foto: Sam August)

Makanan khas yang satu ini berasal dari salah satu kota kecil di Jawa Tengah, Magelang. Saat berkunjung ke kota ini, rasanya tak akan lengkap jika Anda tak membeli varian getuk yang ditawarkan. Mulai dari getuk yang dijajakan di toko, hingga getuk yang dijajakan di pasar.

Teksturnya yang lembut serta rasanya yang legit membuat Anda tak akan melupakan makanan khas yang satu ini.

4. Gudeg

Gudeg Yogyakarta (shutterstock/Bagus Satria)
Gudeg Yogyakarta (shutterstock/Bagus Satria)

Satu lagi makanan khas yang bisa ditemui di Yogyakarta, adalah gudeg. Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta juga merupakan Kota Gudeg. Varian gudeg basah hingga gudeg kering semua tersedia dengan rasa uniknya masing-masing.

Jika Anda memiliki kesempatan datang ke Yogyakarta, Anda wajib mencoba semua varian gudeg yang tersedia. Jangan lupa, sekarang juga ada gudeg kalengan yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Tentu saja masih banyak sekali makanan khas Jawa yang belum dijelaskan di atas. Misalnya seperti rawon, nasi gandul, lumpia Semarang, tahu tek, nasi liwet, soto Kudus, dan lain sebagainya. Tapi mari kita simpan semua makanan tersebut untuk artikel lainnya.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar