alexametrics

Terapkan Zero Waste, Begini Cara Andrew dan Nana Mirdad Latih Anak Tak Sisakan Makanan

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Terapkan Zero Waste, Begini Cara Andrew dan Nana Mirdad Latih Anak Tak Sisakan Makanan
Nana Mirdad dan keluarga. (Instagram/@nanamirdad_)

Karena isu sampah sisa makanan yang sangat berdampak pada lingkungan, penting bagi kita untuk memulainya dari diri sendiri.

Suara.com - Sampah sisa makanan masih menjadi isu besar yang berdampak pada lingkungan. Itu sebabnya, kini semakin banyak orang yang menerapkan pola makan zero waste atau minim sampah. Salah satunya adalah pasangan Andrew dan Nana Mirdad.

Pasangan suami istri yang menetap di Bali ini bahkan sudah menerapkan pola makan zero waste tersebut kepada kedua anaknya.

Cara yang dilakukan Nana yaitu dengan tidak menuangkan nasi atau lauk pauk ke piring anak-anaknya. Ia akan mempersilahkan kedua anaknya mengambil nasi hingga lauk pauk secara mandiri.

"Yang kita lakukan di rumah, mereka ambil porsi mereka sendiri. Mereka harus habis, bertanggung jawab terhadap apa yang mereka ambil," ujar Nana dalam acara peluncuran kampanye Make It Last (Taste) Electrolux, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: Kisah Petualang Wanita, Mendaki Gunung Jadi Awal Gaya Hidup Zero Waste

Nana mengatakan, dengan mengambilkan anaknya nasi dan aneka lauk pauk ke dalam piring, hanya akan membuat anak terpaksa mengonsumsi makanan yang diambilkan, dan berisiko membuat makanan tersisa.

Tapi sebaliknya, saat mereka mengambil sendiri lauk pauk dan nasi, mereka belajar bertanggung jawab dan bisa mengukur diri, jumlah porsi makanan yang dipastikan bisa mereka konsumsi, serta tidak menyisakan makanan. Dan ini mencegah makanan terbuang.

Hal ini juga akan membuat anak mandiri, dan terbiasa mengambil keputusan meski tanpa kehadiran kedua orangtuanya sekalipun.

"Ketika nggak ada di rumah, mereka tetap bisa menjalani pola hidup sehat yang bisa diteruskan, saat di tempat lain, tanpa orangtua," tutur Nana.

Bahkan uniknya, jika banyak keluarga yang hanya mengonsumsi sayur di waktu tertentu saja. Ternyata Nana dan Andrew sudah membiasakan setiap waktu makan, di dalamnya harus tersedia buah dan sayur.

Baca Juga: Berkunjung ke Kampung Ikan Asap Penatarsewu

"Kita berusaha banget supaya anak-anak generasi penerus memiliki lifestyle yang sehat. Anak-anak kita itu setiap makan harus ada hijau-hijau, itu harus ada," tegas Nana.

Komentar