alexametrics

3 Langkah Persiapan Sebelum Ikut Ajang Lari Marathon di Masa Pandemi Covid-19

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
3 Langkah Persiapan Sebelum Ikut Ajang Lari Marathon di Masa Pandemi Covid-19
Ilustrasi olahraga lari marathon [shutterstock]

Pandemi Covid-19 nyatanya tidak menurunkan minat masyarakat terhadap ajang lari marathon.

Suara.com - Pandemi Covid-19 nyatanya tidak menurunkan minat masyarakat terhadap ajang lari marathon. Meski begitu, perlu juga melakukan persiapan yang lebih ekstra sebelum mengikuti agenda olahraga tersebut.

Lari marathon sendiri terdiri dari kategori 5K marathon (5 kilometer), 10K marathon (10 kilometer), half marathon 21K dan ultra marathon 42K. Berikut beberapa tips jitu dari para pakar untuk pemula persiapan lari marathon khususnya 10K, mengutip siaran pers Maybank Marathon Anywhere 2021, Rabu (1/12/2021).

1. Pemeriksaan kesehatan sebelum berlari
Bagi pelari pemula, biasanya rata-rata membutuhkan waktu satu tahun hingga fisik siap untuk ikut lomba lari sepanjang 21 kilometer hingga 42 kilometer.

Itulah sebabnya tersedia opsi yang lebih ringan, seperti 10k yang cocok bagi pehobi atau pemula. Sebelum memulai program latihan marathon, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan menjalani cek kesehatan.

Baca Juga: Tertibkan PKL, Area Flyover Arif Rahman Hakim Depok akan Dibuat Sarana Olaharaga

Jika telah dipastikan bahwa tidak ada kondisi medis khusus dan dokter memberikan lampu hijau, maka latihan persiapan untuk mengikuti  pun dapat dijalankan.

2. Disiplin
Tantangan dalam marathon bukanlah tantangan fisik belaka. Kadangkala pikiran dapat menjadi tantangan terbesar dan menjadi pematah motivasi yang memengaruhi disiplin diri. Bagi pemula, persiapan marathon membutuhkan proses yang panjang dan matang.

Salah satu kiat yang dapat dilakukan untuk konsisten disiplin latihan lari ataupun latihan strength dan mobility, termasuk disiplin mejaga kualitas nutrisi dan istirahat yang cukup, menjadi dasar kesuksesan dalam latihan lari.

3. Latihan ketahanan fisik
Manfaatkan momen latihan persiapan lari marathon dengan perencanaan yang baik dimana para peserta perlu mulai mengkombinasikan latihan lari dengan beragam olahraga berintensitas tinggi atau rendah.

Contohnya seperti progression run, intervals, hill repeats, serta padu-padankan dengan cross training dengan berenang atau bersepeda, untuk meningkatkan edurance. Tidak lupa juga untuk terus memonitor heart rate pada setiap sesi latihan.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Bikin Pembelajaran Farmasi Ini Beralih ke Digital

“Kami terus menghimbau kepada seluruh pelari untuk tetap mawas diri dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku ketika mengikuti run challenge demi menjaga diri dari Covid-19," Project Director Maybank Marathon, Widya Permana sebagai penyelenggaran ajang lari Maybank Marathon Anywhere 2021 virtual.

Komentar