alexametrics

Wajib Dicoba! Ini 7 Tipe Teh Yang Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Bimo Aria Fundrika | Aflaha Rizal Bahtiar
Wajib Dicoba! Ini 7 Tipe Teh Yang Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Ilustrasi teh. [unsplash]

Tapi, tidak semua teh punya khasiat yang sama. Ada sejumlah teh yang memang memiliki khasiat tertentu untuk kesehatan.

Suara.com - Teh diketahui punya banyak manfaat bagi kesehatan. Maka tidak heran jika ada sejumlah orang yang merekomendasikan teh sebagai untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Tapi, tidak semua teh punya khasiat yang sama. Ada sejumlah teh yang memang memiliki khasiat tertentu untuk kesehatan. Penasaran, teh apa saja itu? 

Dikutip dari Healthshots, berikut ini rangkumannya. 

Teh kunyit

Baca Juga: Ibu dan Anak Dipenjara Gegara Polisi Salah Identifikasi Teh Dianggap Narkoba

Di India, kunyit telah digunakan sebagai obat kesehatan yang ampuh melawan penyakit. Dengan senyawa aktif yang disebut curcumin, ini memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antivirus, dan anti-jamur. Dari kandungan kunyit, Anda bisa campurkan dengan teh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tentu efek positifnya bisa bermanfaat buat Anda, salah satunya mampu melawan flu dan juga pilek.

Teh jahe

Teh jahe. (Shutterstock)
Teh jahe. (Shutterstock)

Teh yang dicampur dengan jahe mengandung sifat antimikroba, yang disebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jahe memberi rasa yang sedikit manis dan juga pedas. Tapi, kandungan baik ini bisa meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Teh akar licorice

Akar licorice memberi rasa manis jika dicampur dengan teh. Sebab, akar licorice memiliki banyak manfaat buat kesehatan Anda, antara lain sifat antivirus dan antimikroba yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Produk Teh Asal Indonesia Semakin Diminati di Pasar Malaysia, Buktinya Ini

Teh peppermint

Daun peppermint sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Bahkan, peppermint yang dicampur dengan teh dapat memberi manfaat kesehatan secara positif, di mana kandungan antimikroba, antivirus dan antioksidan, dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Teh serai

Serai merupakan bahan umum yang dicampur ke dalam teh, di mana ini memiliki rasa jeruk yang menyegarkan. Menurut sebuah studi, teh serai memiliki sifat antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari penyakit. Selain itu, serai dikatakan punya antioksidan tinggi yang membantu mengurangi peradangan.

Teh kembang sepatu

Teh kembang sepatu mengandung sifat antibakteri dan antimikroba, di mana ini membantu menangkal penyakit serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Disebut dengan Hibiscus, teh ini juga memiliki manfaat kandungan lainnya. Mulai dari zat besi, antioksidan, dan vitamin C.

Teh hitam

Teh ini mengandung katekin dan sifat antivirus yang membantu mencegah Anda dari beberapa penyakit. Sama seperti jenis varian teh lainnya, teh hitam memiliki kaya antioksidan yang dapat mengurangi peradangan serta meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, kandungan teh hitam ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Karena itu, jangan sampai Anda lewatkan teh ini.  

Komentar