alexametrics

Ini Kriteria Makanan 4 Sehat 5 Sempurna, Sudahkah Kamu Memenuhinya?

Chyntia Sami Bhayangkara
Ini Kriteria Makanan 4 Sehat 5 Sempurna, Sudahkah Kamu Memenuhinya?
Ilustrasi Makanan Sehat.

Apa saja ya makanan 4 sehat 5 sempurna itu? Simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Suara.com - Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah sebuah program yang dilakukan pemerintah untuk mendorong masyarakatnya mengonsumsi lebih dari 1 jenis makanan dalam satu waktu.

Tepatnya, untuk memenuhi 4 sehat 5 sempurna, satu menu makanan harus mengandung makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah, dan susu sebagai pelengkap.

Anjuran makanan 4 sehat 5 sempurna tentu saja untuk mewujudkan masyarakat dengan gizi yang cukup dan hidup lebih sehat.

Susunan menu makanan 4 sehat 5 sempurna

Baca Juga: Kedai Kreatif Susu Kental Manis, Berbagi Ide dan Peluang Usaha Bagi Pelaku Bisnis Kuliner

Untuk mencapai makanan 4 sehat 5 sempurna, ada beberapa menu yag harus dikonsumsi mulai dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah hingga susu. Berikut penjelasannya.

Makanan pokok

Makanan pokok merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebagai sumber utama energi tubuh. Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang paling sehat karena mengandung serat, vitamin, dan mineral yang tinggi. Hanya saja, diperlukan waktu yang lebih lama untuk mencerna karbohidrat kompleks.

Makanan pokok yang paling umum di Indonesia adalah nasi. Namun, kamu juga bisa menggantinya dengan kentang, ubi, sagu, bahkan jagung.

Lauk Pauk

Baca Juga: Tujuh Makanan Terbaik Saat Stres Selain Cokelat, Coba Ini!

Susunan menu makanan 4 sehat 5 sempurna selanjutnya adalah lauk pauk. Lauk pauk sebaiknya mengandung protein yang tinggi. Sebagaimana fungsi protein adalah sebagai cadangan energi serta menjaga sistem kekebalan tubuh.

Komentar