alexametrics

Kenalkan Tradisi Indonesia ke Anak, Yuk Tonton Pentas Dongeng Ando dan Ramuan Ajaib

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Kenalkan Tradisi Indonesia ke Anak, Yuk Tonton Pentas Dongeng Ando dan Ramuan Ajaib
Dongeng Ando dan Ramuan Ajaib. (Dok. Wedhangan Q Jakarta)

Dongeng yang mengangkat budaya dan tradisi Indonesia, Ando dan Ramuan Ajaib akan dipentaskan secara virtual. Yuk tonton!

Suara.com - Dongeng yang mengangkat budaya dan tradisi Indonesia, Ando dan Ramuan Ajaib akan dipentaskan secara virtual.

Pementasan ini digelar pada Sabtu, 11 Desember 2021, pukul 14.00 – 15.00 WIB, dengan menampilkan siswa berbakat dari Pedharma Desa dari SMK Bhakti Karya Parigi dan Anindhaloka.

Mengangkat cerita tentang warna warni budaya Indonesia, pementasan dongeng ini berhasil digelar berkat kerjasama Wedhangan Q dengan Winson The Storyteller Family.

Diungkap Puri Lestari, pemilik Wedhangan Q Jakarta, pementasan ini berangkat dari keresahan, yang kian kemari sangat jarang anak mendengar cerita rakyat yang melegenda pada zamannya.

Baca Juga: Kominfo: Cerita Rakyat Bisa Jadi Inspirasi Pembuatan Game Dalam Negeri

Dongeng Ando dan Ramuan Ajaib. (Dok. Wedhangan Q Jakarta)
Dongeng Ando dan Ramuan Ajaib. (Dok. Wedhangan Q Jakarta)

"Cerita rakyat seperti Timun Mas, Si Kancil, atau cerita Bawang Merah Bawang Putih sebenarnya sangat penting untuk diperkenalkan kembali karena sarat akan moral cerita tradisi Indonesia yang santun, berwibawa, dan membumi," tutur Puri, melalui keterangan yang diterima suara.com, Sabtu (4/12/2021)

Sedangkan, Miss Wiwin, perwakilan Winson The Storyteller Family manfaat dongeng sangatlah banyak, khususnya sebagai sarana memperkenalkan dunia di luar lingkup rumah dan keluarga kepada anak-ana, dan hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian.

"Banyak penelitian yang menjelaskan bahwa dongeng adalah sarana untuk mengenalkan wawasan dan tradisi budaya, serta memunculkan pemahaman awal akan toleransi kepada anak melalui penceritaan," tutur Miss Wiwin.

Sinopsis Singkat Dongeng Ando dan Ramuan Ajaib

Bercerita tentang anak pemberani bernama Ando, yang memulai petualangannya dengan misi mengembalikan Putri yang diculik oleh para dewa.

Baca Juga: 4 Tips Membacakan Dongeng pada Anak agar Cepat Tidur

Awal cerita dimulai dari kabar yang tersiar bahwa untuk mengembalikan putri tersebut diperlukan syarat untuk membawa lima barang keramat sebagai sesaji bagi para dewa.

Komentar