alexametrics

Tak Perlu ke Klinik, Begini Cara Alami Hilangkan Jerawat di Rumah

Bimo Aria Fundrika
Tak Perlu ke Klinik, Begini Cara Alami Hilangkan Jerawat di Rumah

. Saat melakukan perawatan, tidak jarang orang memilih cara praktis di klinik kecantikan untuk menghilangkan jerawat.

Suara.com - Memiliki wajah bersih dari jerawat dan kulit yang sehat merupakan impian semua orang, terutama bagi perempuan. Namun nyatanya, jerawat seringkali datang tanpa bisa kita hindari. 

Jerawat umumnya muncul dari ketidakseimbangan hormon hingga masalah kesehatan lainnya. Saat melakukan perawatan, tidak jarang orang memilih cara praktis di klinik kecantikan untuk menghilangkan jerawat. 

Padahal terdapat beberapa cara alami yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat dan menjaga kesehatan kulitmu. Dilansir dari brightside.com, berikut 6 cara alami yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat dan membuat kulitmu terlihat cerah berkilau:

1. Es

Baca Juga: Fakta Kasus Pelecehan Seksual Unsri: Sebelum Dilarang Yudisium, Mahasiswi Disekap di WC

Ilustrasi es batu. 

Semakin banyak kamu menaruh es ke jerawat meradang, hal itu justru akan semakin mempercepat progres agar jerawat tersebut cepat memudar hingga hilang. Es akan membantu untuk menyembuhkan jerawatmu dengan mengurangi kemerahan dan perlahan-lahan menghilangkan jerawat.

Kamu bisa menyesuaikan penggunaan es ini, entah pada saat pagi, malam atau beberapa kali dalam sehari. Jika kamu memiliki banyak jerawat, kamu bisa menggunakan es dalam jumlah banyak dengan menggunakan wadah kain atau plastik.

Cara penggunaannya:

  •  Bersihkan jerawatmu secara lembut dengan air hangat 
  • Letakkan es yang sudah dilapisi kain atau plastik di jerawatmu setiap 1 menit
  • Tunggu beberapa menit sebelum kamu mengaplikasikannya lagi, hal ini dilakukan untuk mencegah gangguan jaringan
  • Jangan lupa untuk mengambilnya sebelum kamu tidur

Jika kamu tidak memiliki es, kamu bisa menggunakan kantong sayuran yang beku.

2. Minyak jojoba

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan, Diyakini Bikin Tulang Lebih Sehat

Minyak jojoba berasal dari pohon yang tumbuh di tempat kering seperti meksiko. Minyak ini diambil dari biji simmondsia chinensis yang biasa digunakan untuk pengobatan. Minyak jojoba ini kaya akan berbagai vitamin dan mineral, hal ini akan membantu kulitmu untuk terhidrasi dan juga melawan infeksi. Keuntungan lainnya adalah minyak ini dapat digunakan di area mata tanpa khawatir iritasi.

Komentar