Atasi Jenuh, Ini 8 Tips Memperbarui Hubungan dengan Pasangan

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Atasi Jenuh, Ini 8 Tips Memperbarui Hubungan dengan Pasangan
Ilustrasi pasangan jenuh (freepik.com/yanalya)

Sekian lama menghabiskan waktu bersama pasangan, rasa jenuh bisa muncul. Simak tips berikut agar hubunganmu selalu terasa menyenangkan layaknya pasangan baru.

Suara.com - Apakah kamu merasa hubungan dengan pasangan mulai terasa menjenuhkan dan sulit untuk dijalani? Terjebak dalam rutinitas, kurangnya ruang untuk diri kita sendiri, atau terlalu sedikit waktu untuk bersosialisasi dengan teman dapat menjadi beberapa konsekuensi yang kita dapatkan ketika harus menghabiskan terlalu banyak waktu dengan pasangan kita.

Karena itulah, tak sedikit pasangan merasa jenuh dalam kondisi seperti ini, yamg membuat mereka membutuhkan sesuatu untuk memperbarui "suasana" dalam hubungan mereka.

Hal ini tentu saka bisa membantu pasangan menikmati menghabiskan lebih banyak waktu bersama. Nah untuk itu, bacalah serangkaian tips berikut yang dilansir dari Bright Side.

1. Jangan Abaikan Keluarga dan Teman
Berada dalam hubungan bersama pasangan memang seringkali menawarkan rasa nyaman, dan karena itu, kebanyakan dari kita malah mengabaikan hubungan yang lain. Ini dapat membuatmu ketergantungan oleh pasangan, hingga selalu menginginkan segalanya berputar di sekitarmu dan pasangan.

Baca Juga: Grogi Saat Malam Pertama? Perempuan Wajib Persiapkan Hal Ini Saat Akan Berhubungan Intim Dengan Suami Agar Lebih Nikmat

Tak sadar kamu sudah mengisolasi satu sama lain, mulai dari kehidupan sosial, pekerjaan, dan keluarga. Beberapa ciri seseorang dengan kecenderungan kodependen adalah takut kesepian, cemas, pikiran obsesif, panik akan putus cinta, dan banyak lagi.

Agar ini tidak mencapai tingkat yang berbahaya, seperti berkomunikasi hanya dengan orang itu, mengesampingkan impian pribadi, tujuan kerja, dan hubungan efektif lainnya, perlu untuk mengenali ini tepat waktu dan tidak meninggalkan hal lain yang juga merupakan bagian penting dari hidupmu.

2. Daripada Berasumsi, Lebih Baik Bertanya
Ada baiknya untuk merenungkan apa yang dibutuhkan pasangan kita, apa yang dapat membantu mereka, dan bagaimana kita dapat membuat mereka sedikit lebih bahagia. Tetapi sering kali, kita dapat memiliki gagasan yang salah tentang apa yang diinginkan atau diminta orang lain, dan itu dapat dihindari dengan cara yang sangat sederhana, yakni dengan bertanya.

Mengatakan sesuatu seperti, "Apa yang kamu butuhkan?" atau "Apa yang membuatmu kesal tentang aku?" atau “Bagaimana aku bisa berkontribusi pada kebahagiaanmu?” dapat membuka dialog yang memperkaya dirimu berdua dan membantu kamu menghindari diskusi yang tidak perlu.

3. Cobalah Untuk Memahami Alasan di Balik Kebosananmu
Perasaan bosan terkadang tidak kentara, dan sulit untuk mengenali apakah kita benar-benar bosan atau tidak. Tapi perasaan ini bisa muncul dalam bentuk lain yang lebih mudah dikenali, seperti marah, jengkel, atau kurang tertarik. Jika ini mulai terjadi, latihan yang baik adalah bertanya pada diri sendiri apa alasan batiniah yang membuat kita merasa seperti ini dan apakah tugas rutin atau kebosanan mengintai.

Baca Juga: Viral di TikTok! Ini Arti Body Count yang Sebenarnya, Ada Aroma Seksual Bernada Negatif di Sana

Beberapa solusi untuk ini dapat berupa, melanjutkan aktivitas yang disukai oleh kamu dan pasangan, menjadi kreatif romantis, melakukan gerakan yang baik untuk satu sama lain, atau melarikan diri ke suatu tempat selama beberapa hari. Cara untuk menghentikan rutinitas sangat beragam sesuai keinginan.