facebook

Cara Menanam Tanaman Tabebuya Lengkap dengan Perawatannya

Arendya Nariswari
Cara Menanam Tanaman Tabebuya Lengkap dengan Perawatannya
Bunga Tabebuya bermekeran di Pontianak. (Instagram/@edikamtono)

Ingin membuat taman di rumah menjadi lebih rindang sekaligus cantik? Yuk coba tanam tabebuya untuk mewujudkannya!

Suara.com - Tabebuya sering dipilih menjadi salah satu pohon yang menghiasi depan rumah. Selain karena warna bunganya yang cantik, perawatan tabebuya juga cenderung mudah, apalagi saat memasuki musim penghujan.

Tanaman yang juga disebut sebagai pohon terompet ini setidaknya terdiri dari 67 spesies di dunia.

Tertarik untuk mempercantik rumah Anda dengan tabebuya? Yuk simak cara menanam tanaman tabebuya berikut!

1. Memilih Bibit

Baca Juga: Mobil Terpapar Air Laut, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Selain menggunakan tanaman tabebuya yang masih kecil, menanam tabebuya juga dapat menggunakan bijinya yang dapat ditemukan pada pohon tabebuya tua.

Keringkan biji di tempat terbuka selama 1 minggu supaya lebih mudah berkecambah saat disemai.

Gunakan perbandingan 1:1 untuk kompos dan pasir sebagai media penyemaian. tempatkan biji yang akan disemai dengan kedalaman 3 kali diameter biji dan letakkan di tempat dengan sinar matahari cukup.

2. Menanam Bibit

Gunakan pot jenis gambut untuk menanam tabebuya. Setelah itu, isi pot dengan media tanam sampai kedalaman setengah inci. Letakkan pot ke tempat yang cerah dengan selalu menjaga media tanam tetap lembab dengan menyemprotnya dengan semprotan air secara teratur.

Baca Juga: Banyak Ular Masuk Permukiman Saat Musim Hujan, Ini Tips Penanganan dari Damkar Sleman

Setelah bibit tabebuya tumbuh mencapai 8 inchi, pindahkan tabebuya ke pot yang lebih besar. Tetap jaga kelembaban tanah supaya tabebuya bisa tumbuh lebih besar.

Jika ingin menanam di halaman rumah, khususnya saat tabebuya sudah mencapai tinggi 50-70 cm. Pastikan tabebuya mendapat sinar matahari penuh dan tanah yang telah dikeringkan dengan baik. Tambahkan tanah dengan kompos organik hingga 4 inci di atas tanah dan campurkan sampai ke kedalaman 6 inchi.

Saat menyiapkan pot untuk menanam, pastikan mereka memiliki drainase yang baik untuk mencegah pembusukan akar.

3. Pemupukan

Biarkan tabebuya tumbuh dengan sendirinya selama satu tahun. Setelah itu, taburkan pupuk secara melingkar di pohon atau buat lubang di sekitar pohon sedalam 20 cm untuk kemudian diisi pupuk organik.

4. Pemangkasan

Menurut George Abraham dalam The Green Thumb Garden Handbook, tabebuya sebaiknya dipangkas di penghujung musim kemarau sebelum memasuki musim penghujan untuk membuat kanopi lebih rapi.

Perawatan Tabebuya

Tabebuya bukan termasuk dalam tanaman yang perlu sering disirami. Pada bibitnya, cukup sirami tabebuya dengan air dua kali seminggu dalam dua bulan pertama.

Setelah itu, ubah menjadi sekali seminggu.

Setelah tabebuya berusia satu tahun, sirami sekali setiap dua minggu, dan saat tabebuya sudah berbentuk pohon, cukup sirami saat musim kemarau saja.

Untuk pemupukan, cukup beri pupuk tiga bulan sekali. Usahakan untuk menggunakan pupuk bernitrogen tinggi untuk mempercepat pertumbuhan tunas baru.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar