facebook

7 Fakta Unik Tanaman Tabebuya, Pohon Cantik Mirip Sakura

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Fakta Unik Tanaman Tabebuya, Pohon Cantik Mirip Sakura
Bunga Tabebuya di Jalanan Kota Surabaya [Foto: Antara]

Sekilas, pohon satu ini mungkin akan mengigatkan kita pada pohon sakura. Namun, bagaimana bisa Sakura tumbuh di Surabaya? Yuk, kenalan dengan tanaman Tabebuya!

Suara.com - Tanaman tabebuya memang begitu mencuri perhatian. Ketika memasuki bulan September hingga November, misalnya, jalanan Surabaya akan tampak begitu cantik dihiasi dengan bunga tabebuya yang bermekaran. Tidakkah Anda penasaran dengan fakta unik tanaman tabebuya ini?

Warna bunganya yang cantik membuat tidak sedikit orang ingin berfoto di bawah tanaman tabebuya. Keindahannya pun seringkali mengingatkan pada pohon Sakura dari Jepang.

Untuk mengenal tabebuya lebih lanjut, berikut telah dirangkum 7 fakta unik tabebuya. Yuk, simak!

Keindahan Tabebuya jadi rebutan spot ber swa foto di Surabaya. (Suara.com/Ali)
Keindahan Tabebuya jadi rebutan spot ber swa foto di Surabaya. (Suara.com/Ali)

Tentang Tabebuya

Baca Juga: Panduan Cara Merawat Aglonema Suksom, Si Cantik Berdaun Merah Merona

Handroanthus chrysotricha atau lebih dikenal dengan tabebuya ini merupakan tanaman cantik yang berasal dari Brazil, daerah Amerika Selatan, dan Amerika Tengah.

Dilansir dari laman gardeningknowhow, lebar bunga tabebuya yang mekar bisa mencapai 1-4 inchi dengan bentuk menyerupai tabung dan bagian atas yang dilengkapi benang sari.

Memiliki banyak jenis dan warna

Sebagian besar bunga tabebuya yang bermekaran akan berwarna keemasan. Namun, ada pula spesies tabebuya tertentu yang memiliki warna bunga merah muda, putih, magenta, ungu, sampai merah.

Salah satu ciri khas yang membuat berbagai jenis tabebuya terlihat sama adalah daunnya yang berwarna silver.

Baca Juga: Kenali Spesies Tanaman Hias Syngonium dan Panduan Lengkap Merawatnya

Habitat tabebuya

Meski dapat tumbuh di segala jenis tanah, lokasi paling tepat untuk habitat tabebuya adalah tempat yang hangat tanpa adanya kemungkinan cuaca dingin ekstrim. Meski begitu, tabebuya akan tumbuh dengan baik pada tanah subur dengan drainase yang cukup.

Tanaman yang kuat

Tabebuya memiliki toleransi tinggi terhadap wilayah yang kering dan relatif tahan dengan serangan hama dan penyakit.

Selain itu perawatan dan pemeliharaan tabebuya perlu dilakukan secara rutin karena waktu mekarnya yang relatif singkat, yaitu bulan September hingga November.

Seperti bunga sakura

Saat melihat tabebuya bermekaran, tidak sedikit orang yang akan teringat pada kecantikan bunga sakura dari Jepang. Hal tersebut dikarenakan bentuk bunga dan pohonnya yang mirip dengan sakura. Fakta ini cukup unik karena keduanya tidak memiliki hubungan kekerabatan sama sekali.

Dijuluki pohon terompet

Bentuk bunga tabebuya yang lonjong sering disamakan dengan terompet. Itulah kenapa tabebuya juga sering disebut sebagai pohon terompet emas.

Beberapa julukan lain untuk tabebuya diantaranya adalah cedar putih, manjack merah muda, kayu putih, dan tecoma.

Berbunga sangat banyak

Fakta unik tanaman tabebuya berikutnya berkaitan dengan bunganya. Meski waktu mekar tabebuya relatif singkat, kecantikan bunga-bunga tabebuya tidak perlu diragukan lagi. Jumlahnya yang berlimpah dan warnanya yang cantik membuat beberapa orang ingin berfoto di bawah tanaman ini.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar