facebook

Panduan Cara Merawat Aglonema Suksom, Si Cantik Berdaun Merah Merona

Rima Sekarani Imamun Nissa
Panduan Cara Merawat Aglonema Suksom, Si Cantik Berdaun Merah Merona
Ilustrasi tanaman hias aglonema berdaun merah (Pixabay/ignartonosbg)

Daunnya yang merah merona membuat aglaonema suksom jaipong merebut perhatian setiap mata yang melihatnya. Tertarik untuk membudidayakannya di rumah?

Suara.com - Aglonema termasuk jenis tanaman hias yang punya banyak penggemar. Nah, aglonema suksom jaipong bisa dibilang merupakan salah satu tanaman yang cukup sering dipilih untuk menghiasi lingkungan sekitar rumah.

Selain aglonema suksom jaipong, di Indonesia sendiri setidaknya terdapat lebih dari 10 jenis aglonema, antara lain aglonema bidadari, moonlight, legacy, widuri, red kochin, adelia, red ruby, tiara, dan masih banyak lagi.

Keputusan memilih aglonema untuk menghiasi rumah ini tentu saja tidak terlepas dari kecantikan warna daun aglonema suksom yang tampak merah sempurna.

Namun untuk mendapatkan warna daun yang cantik ini, tentu saja Anda perlu mengetahui cara merawat aglonema suksom yang tepat, terutama penyiraman daunnya.

Baca Juga: Kenali Spesies Tanaman Hias Syngonium dan Panduan Lengkap Merawatnya

Ilustrasi tanaman hias aglonema berdaun merah (Pixabay/ignartonosbg)
Ilustrasi tanaman hias aglonema berdaun merah (Pixabay/ignartonosbg)

Dilansir dari kanal YouTube Hobi Bunga, berikut cara merawat aglonema suksom yang tepat.

Alat dan Bahan:

  • 1 gram antracol fungisida atau jenis fungisida lainnya
  • 1/2 tutup botol vitamin B1
  • 1 liter air
  • Tisu kering
  • Semprotan

Cara Menyiram Aglaonema Suksom Jaipong

  1. Campurkan antracol fungisida dan vitamin B1 ke dalam air pada wadah semprotan kemudian aduk-aduk sampai tercampur merata
  2. Setelah itu, semprotkan cairan vitamin dan antracol ke semua bagian aglonema baik pada bagian batang maupun daun
  3. Setelah disemprot, diamkan aglonema suksom selama 5-10 menit supaya cairan meresap dengan sempurna ke dalam tanaman
  4. Selanjutnya, lap daun aglonema bagian atas dengan tisu kering. Pegang bagian bawah daun supaya daun tidak sobek. Pastikan untuk mengelap dengan satu arah.

Pemberian vitamin B1 pada aglaonema suksom berfungsi untuk membuat daun aglaonema suksom terus segar dan memicu munculnya daun muda. Larutan vitamin B1 akan lebih efektif saat mengenai bagian belakang daun karena nutrisinya akan langsung masuk ke bagian stomata.

Sementara itu, antracol fungisida berfungsi untuk mencegah tumbuhnya jamur pada daun aglaonema suksom, terutama saat memasuki musim hujan.

Baca Juga: 5 Media Tanam Anggrek Paling Ampuh, Bikin Tanaman Bunga Semakin Subur

Perlu diketahui sebelumnya, waktu paling tepat untuk menyiram aglonema suksom jaipong adalah pagi hari sebelum terkena sinar matahari. Selain itu, jangan letakkan aglaonema di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung karena dapat membuat daunnya gosong.

Demikian informasi mengenai cara perawatan aglaonema suksom jaipong yang benar untuk mendapat warna daun merah merona. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar