facebook

Tampil di Google Doodle, Ini Profil Sandiah Ibu Kasur yang Berulang Tahun ke-96 Hari Ini

Yasinta Rahmawati | Amertiya Saraswati
Tampil di Google Doodle, Ini Profil Sandiah Ibu Kasur yang Berulang Tahun ke-96 Hari Ini
Google Doodle Ibu Kasur (google.com)

Sandiah Ibu Kasur adalah seorang seniman dan tokoh pendidikan di Indonesia.

Suara.com - Google Doodle hari ini menampilkan sosok seorang seniman dan tokoh pendidikan di Indonesia yang dikenal dengan nama Ibu Kasur.

Sandiah, atau yang lebih dikenal dengan nama Ibu Kasur, merupakan seorang penghibur dan pendidik anak-anak Indonesia.

Dikutip dari unggahan di kanal Doodle Catalog di Youtube, Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-96 Ibu Kasur. Seperti apa profil Ibu Kasur?

Ibu Kasur dikenal sebagai sosok seorang ibu yang sabar dan penyayang. Semasa hidupnya, Ibu Kasur mengajarkan nilai-nilai moral dan pelajaran untuk generasi muda Indonesia di berbagai platform.

Baca Juga: Tampilan Google Doodle Menggemaskan, Ingatkan Kembali Vaksin dan Masker

Salah satunya, Ibu Kasur terkenal karena pernah menjadi pembawa acara TV anak-anak terkenal yang bertajuk "Taman Indria".

Google Doodle Ibu Kasur (youtube.com/Doodle Catalog)
Google Doodle Ibu Kasur (youtube.com/Doodle Catalog)

Ibu Kasur lahir di Jakarta, Indonesia pada tanggal 16 Januari 1926 dengan nama asli Sandiah.

Saat muda, Ibu Kasur sempat bergabung dengan Pramuka Indonesia. Di sana, ia bertemu calon suaminya, Pak Kasur.

Selain itu, Ibu Kasur juga sudah memiliki dedikasi dan minat terhadap pendidikan Indonesia sejak SMP. Ia dan suami pun membuka sebuah sekolah bernama TK Mini di rumah mereka pada 1965.

Sekolah tersebut lantas menjadi dasar bagi Ibu Kasur dan Pak Kasur dalam mengabdikan hidup mereka ke dalam dunia pendidikan Indonesia.

Baca Juga: Google Doodle Rayakan Hari Guru 2021 dengan Lebah Lucu

Tak hanya membuka sekolah, Ibu Kasur juga memperluas program pendidikannya dengan menjadi pembawa acara anak-anak di Radio Republik Indonesia (RRI).

Kemudian, Ibu Kasur juga menjadi kepala Yayasan Setia Balita yang lantas mendirikan empat taman kanak-kanak di seluruh Indonesia pada 1990-an.

Google Doodle Ibu Kasur (google.com)
Google Doodle Ibu Kasur (google.com)

Dedikasi Ibu Kasur lainnya terlihat dari kesibukannya dalam ikut mengedit majalah anak-anak, memproduksi film anak, serta membuat 150 lagu anak-anak.

Yang unik, Ibu Kasur biasanya sengaja mengecualikan huruf 'r' dari lagu mereka sehingga liriknya jauh lebih mudah untuk diingat dan diucapkan.

Beberapa lagu yang dibuat Ibu Kasur di antaranya adalah "Kucingku" hingga "Bertepuk Tangan" yang hingga kini masih banyak dinyanyikan anak-anak Indonesia.

Berkat jasanya ini, Ibu Kasur sendiri mendapat Penghargaan Presiden pada Hari Anak Nasional di 1988 karena telah menjadi pendidik yang kreatif dan berdedikasi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar