facebook

9 Makanan Khas Jawa Timur Paling Dicari dari Rujak Soto sampai Sego Tempong

Arendya Nariswari
9 Makanan Khas Jawa Timur Paling Dicari dari Rujak Soto sampai Sego Tempong
https://www.instagram.com/sbykulinerinfo/

Rugi kalau belum pernah coba, yuk intip rekomendasi 9 makanan khas Jawa Timur yang paling dicari wisatawan berikut ini.

Suara.com - Jawa Timur memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner. Kekayaan rempah dan rasanya yang beragam membuat makanan khas Jawa Timur menggugah selera.

Tidak hanya di Jawa Timur sendiri, beberapa makanan khas mereka seperti Soto Lamongan, Pecel Madiun, lontong balap bahkan sudah menghiasi beberapa wilayah di Indonesia saking banyaknya penggemarnya.

Mau tahu makanan khas jawa Timur lainnya? Yuk simak artikel berikut! Rekomendasi makanan khas Jawa Timur yang paling diburu wisatawan

1. Rujak Soto

Baca Juga: 5 Hidangan Khas Korea yang Lagi Hits Saat Ini, Pernah Coba Belum?

Ini dia Rujak Soto khas Banyuwangi yang citarasanya unik. (Screenshot YouTube/Ari Lasso TV)
Ini dia Rujak Soto khas Banyuwangi yang citarasanya unik. (Screenshot YouTube/Ari Lasso TV)

Makanan pertama khas Jawa Timur ini merupakan makanan khas Banyuwangi. Kombinasi antara soto kuning dengan rujak petis tentu akan menyajikan cita rasa unik yang tentunya lezat.

Rasa terasi dari rujak akan bercampur dengan gurihnya kuah soto. Jika Banyuwangi punya rujak soto, Madura punya rujak bakso yang menggunakan petis, sehingga rasanya cenderung lebih asin.

2. Soto Lamongan

Ilustrasi Soto Lamongan. (Instagram/@dianaorymaya)
Ilustrasi Soto Lamongan. (Instagram/@dianaorymaya)

Dapat dengan mudah ditemukan tak hanya di Jawa Timur, faktanya Soto Lamongan ini punya citarasa menyegarkan yang cocok di lidah banyak orang.

Yang menjadi ciri khas Soto Lamongan ini ialah taburan koya di atasnya. Nah, usut punya usut teryata koya tersebut merupakan bubuk dari kerupuk udang dan juga bawang putih yang memiliki cita rasa gurih nan menggugah selera.

Baca Juga: Gambar Kaesang Anak Jokowi di Snack Pesawat Garuda Bikin Heboh, Ini Kata Produsennya

3. Pecel Madiun

Pecel Madiun. (Youtube)
Pecel Madiun. (Youtube)

Ketika mendengar nama daerah Madiun, rasanya kurang lengkap jika belum menyantap hidangan pecel khas daerah tersebut.

Sesuai dengan namanya, makanan satu ini berasal dari salah satu wilayah di Jawa Timur, tepatnya Madiun.

Dibanding bumbu pecel lainnya, saus kacang pada pecel Madiun memang dikenal lebih manis.

Bukan cuma di restoran atau warung, kekinian bumbu kacang pecel yang khas dan manis gurihnya pas ini juga dijadikan oleh-oleh dengan kemasan spesial agar keawetannya tetap terjaga. Menarik sekali bukan?

4. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay di Kampoeng Legenda, Mal Ciputra Jakarta Barat (Suara.com/Firsta)
Bebek Sinjay di Kampoeng Legenda, Mal Ciputra Jakarta Barat (Suara.com/Firsta)

Jika Anda menelusuri wilayah Bangkalan, jangan lupa untuk mampir ke warung bebek sinjay. Selain teksturnya yang empuk, bebek sinjay terasa semakin nikmat karena tidak lagi tercium bau amis di dagingnya.

Bebek sinjay biasa disantap dengan nasi putih hangat dan sambal mangga. Salah satu warung bebek sinjay terkenal ada di wilayah Jalan Raya Tanjung, Burnah, Bangkalan.

5. Lontong Balap

Contoh hidangan Surabaya yang sungguh segar: Lontong balap. Makin paten disantap bersama sate kerang dara  [Suara.com/Dimas Angga Perkasa].
Contoh hidangan Surabaya yang sungguh segar: Lontong balap. Makin paten disantap bersama sate kerang dara [Suara.com/Dimas Angga Perkasa].

Makanan khas Jawa Timur selanjutnya adalah lontong balap. Segarnya tak ada lawan, kuliner lontong balap ini rasanya semakin dahsyat dengan tambahan bahan tahu goreng, kecap, tauge, dan kuah gurih.

Sebagai pelengkap, lontong balap biasa disantap bersama lentho. Gorengan yang terbuat dari kacang tolo. Lontong balap dikenal dengan kaya rasa karena di setiap suapan akan ada rasa gurih, pedas, dan manis yang memanjakan lidah.

6. Ayam Lodho

Ilustrasi nasi ayam lodho. (Instagram/@fonghsx)
Ilustrasi nasi ayam lodho. (Instagram/@fonghsx)

Ayam lodho merupakan makanan khas Jawa Timur yang diolah dengan bumbu turun temurun dengan cara tradisional yang sangat menggugah selera. 

Olahan satu ini dapat dengan mudah ditemukan di wilayah Tulungagung dengan pilihan ayam lodho kuah encer atau kuah kental.

7. Bakso Malang

Bakso Malang [Madeleine Quirk]
Bakso Malang [Madeleine Quirk]

Siapa yang tidak tahu makanan khas Jawa Timur satu ini? Selain di Malang, Anda dapat menemukan bakso Malang di berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satu ciri khas bakso Malang, ada pada mienya yang menggunakan sejenis soun dengan warna mie biru kehijauan. Bakso Malang paling nikmat disantap saat masih panas dengan tambahan sambal.

8. Tahu Tek

Sesuai dengan namanya, makanan khas Jawa Timur satu ini dibuat dengan bahan dasar tahu. Dengan campuran lontong, kentang, tauge, serta acar, tahu tek kemudian disiram dengan bumbu kacang petis yang lezat.

Supaya lebih lezat, tambahkan kerupuk dan telur dadar sebagai topping.

9. Sego Tempong

Makanan khas Jawa Timur satu ini sangat cocok buat kamu yang suka makanan super pedas.

Tempong memiliki arti menampar, di mana nama ini diambil untuk menggambarkan sensasi pedas ketika lidah kita mencicipinya.

Sego tempong disajikan dengan berbagai sayur sebagai pelengkap, seperti bayam, kemangi, hingga kenikir

Demikian informasi mengenai makanan Khas Jawa Timur. Selaman mencoba dan semoga sesuai dengan selera!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar