facebook

7 Tips Mudah Mengatasi Kebiasaan Kucing yang Suka Naik ke Kasur, Lakukan Ini Agar Efektif

Arendya Nariswari
7 Tips Mudah Mengatasi Kebiasaan Kucing yang Suka Naik ke Kasur, Lakukan Ini Agar Efektif
Animals photo created by freepik - www.freepik.com

Terbangun dari tidur karena kucing ke kasur di malam hari atau menemukan robekan pada sarung bantal tentu bukan hal menyenangkan. Lantas bagaimana cara menghentikannya?

Suara.com - Salah satu perilaku kucing yang sering membuat geleng-geleng pemiliknya adalah naik ke atas kasur lalu melompat-lompat. Kebiasaan kucing naik kasur ini akan semakin mengganggu ketika terjadi di malam hari ketika Anda tengah terlelap dan beristirahat.

Meski perilaku ini ditunjukkan sebagai salah satu bentuk kasih sayang. Namun, membiarkan kucing naik ke kasur bukanlah hal yang baik karena dapat memberikan beberapa efek buruk, misalnya adanya tungau atau parasit yang tertinggal di kasur.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik anabul ini untuk mengetahui cara yang benar untuk mengusir kucing dari atas kasur, tentu tanpa menyakitinya.

Dilansir dari laman Live Long and Pawspurr, berikut 7 tips agar kucing tidak naik ke kasur untuk Anda. 

Baca Juga: Tidak Kalah Populer dari Istrinya, Inilah 6 Fakta Tentang Pak Kasur

1. Berikan tempat tidur tersendiri

Salah satu cara paling tepat untuk mengatasi kucing yang naik ke kasur tentu saja dengan menyediakan tempat tidur sendiri untuk mereka.

Buatkan kucing tempat tersendiri di mana mereka akan merasa nyaman sehingga tidak keberatan untuk meringkuk dan tidur setiap malamnya.

2. Tutup pintu kamar

Cara paling mudah untuk menghindari kucing berkeliaran di atas kasur saat Anda tertidur tentu saja dengan menutup pintu kamar.

Baca Juga: Mengenal Sosok Ibu Kasur, Pejuang Pendidikan Anak Indonesia

Dengan begitu, kucing akan berkeliaran di sekitar rumah tanpa membuat kekacauan di kamar. Namun sebelum itu, pastikan jika Anda sudah menyediakan litter box dan makanan kucing.

3. Selotip Dua Sisi atau double tape

Ketika kucing berhasil naik ke tempat tidur, salah satu hal yang paling sering mereka lakukan adalah melompat-lompat.

Oleh karena itu, cobalah untuk menempelkan selotip dua sisi di beberapa tempat di kasur Anda yang sering digunakan kucing untuk mendarat saat melompat-lompat di atas kasur. Maka, kucing akan merasa lengket pada kaki dan langsung menjauhi tempat tersebut.

Ilustrasi kucing dengan mata beda warna (Pixabay/baran65)
Ilustrasi kucing di kasur (Pixabay/baran65)

4. Semprotan beraroma

Semprotan kucing dengan aroma kayu putih dan jeruk terbukti cukup ampuh membuat kucing menjauh karena baunya yang sangat kuat.

Caranya, cukup semprotkan di sekitar kasur, maka kucing tidak akan mendekat. Selain mengusir kucing, aroma ini juga dapat menyegarkan ruangan Anda.

5. Buat penjadwalan

Sebagai seorang pemilik kucing yang baik, Anda mungkin memiliki rutinitas sebelum tidur dan sesudah bangun tidur untuk memberi makan kucing.

Nah, dari sinilah kucing mengetahui kebiasaan tersebut dan berusaha membangunkan Anda di pagi hari dengan naik ke kasur untuk memberinya makan.

Jadi, coba buat selang-seling waktu memberi makanan, supaya kucing tidak membangunkan Anda di pagi hari untuk mendapatkannya.

6. Potong kuku kucing

Kucing peliharaan tidak perlu memiliki kuku yang panjang, karena mereka mungkin melompat kesana kemari dan menyebabkan robekan di beberapa tempat tidak kecuali kasur kamar tidur.

Oleh karena itu, coba potong kuku kucing secara berkala, dengan tetap menyisihkan kuku di ukuran normal. 

7. Beri pelatihan

Sebuah fakta menarik menunjukkan bahwa kucing dapat memahami 500 kata manusia. Namun, tentu saja kemampuan ini berbeda untuk tiap kucingnya. Meski begitu, cara melatih kucing dengan mengatakan tidak saat mereka ingin masuk ke dalam kamar perlu dicoba.

Namun tentu saja, latihan ini tidak dapat diberikan dalam jangka waktu yang singkat dan perlu dilakukan secara rutin.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar