facebook

6 Penyebab Insomnia Kronis dan Cara Mengatasinya dengan Tepat, Nomor 4 Sering Bikin Kecanduan

Arendya Nariswari
6 Penyebab Insomnia Kronis dan Cara Mengatasinya dengan Tepat, Nomor 4 Sering Bikin Kecanduan
Ilustrasi insomnia (pexels.com)

Tak baik untuk kesehatan, simak penyebab insomnia kronis dan cara mengatasinya berikut ini.

Suara.com - Kekinian, tidak sedikit orang-orang yang mengalami gangguan perihal waktu tidur mereka atau biasa kita kenal dengan nama lain insomnia.

Kendati tubuh terasa lelah, seseorang yang mengalami kesulitan tidur tetap merasa kesusahan untuk memejamkan mata, mengistirahatkan tubuh dan pikiran mereka.

Tentu saja, kebiasaan insomnia ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Belum lagi biasanya insomnia kronis diperparah dengan mata panda, tubuh dan kepala terasa berat hingga berdampak buruk pada mood seseorang.

Jika kalian menemukan tanda-tanda insomnia kronis ini, ada baiknya perlahan mulai merubah kebiasaan sebelum semakin parah.

Baca Juga: Pemprov DKI: Warga Jakarta Telah Disuntik Vaksin Booster Capai 216.726 Orang

Berikut kami rangkum 6 penyebab insomnia kronis dan cara mengatasinya dari laman Yukepo---Jaringan Suara.com, Kamis (21/1/2022) di bawah ini.

1. Merasakan stres berlebihan

(Pixabay/Peggy and Marco Lachmann-Anke/aufahardy)
(Pixabay/Peggy and Marco Lachmann-Anke/aufahardy)

Banyak sekali yang mengalami insomnia karena stres. Terlebih lagi di masa pandemi ini. Tingkat stres jadi semakin tinggi. Kamu mungkin mulai khawatir soal pekerjaan, karier, kesehatan, keuangan, dan lain sebagainya. Nah, olahraga adalah salah satu cara untuk meredakan stres. Ketika berolahraga endorfin akan meningkat dan stress bisa ditekan. Tak perlu olahraga berat, kamu bisa memulai dengan melakukan yoga sebelum tidur agar tidurmu lebih nyenyak.

2. Kurang konsisten dalam mengatur jam tidur

Masalah ini biasanya dialami oleh orang yang kerja dengan sistem shifting atau jam kerjanya sering berganti-ganti. Akhirnya, jam tidur pun tak konsisten. Terkadang tidur awal, terkadang malah tidak tidur sama sekali di malam hari. Karena jam tidur yang tak pasti itu akhirnya tubuh juga bingung. Di saat waktunya tidur, kadang tetap tidak bisa padahal sudah merasa sangat lelah. Jadi, usahakan untuk mengatur jam istirahatmu ya.

Baca Juga: Selalu Insomnia Tiap Malam? Ahli Kebugaran Bagikan Tips agar Bisa Tertidur dalam 2 Menit

3. Mengonsumsi terlalu banyak kafein di malam hari

Ilustrasi kopi (pixabay.com)
Ilustrasi kopi (pixabay.com)

Selain menghindari makanan dalam porsi banyak di malam hari, hindari juga minum minuman yang mengandung kafein. Dikhawatirkan kafein itu akan menjadi stimulan agar tubihmu tetap aktif sehingga jam tidur akan terganggu. Beberapa orang sangat sensitif terhadap cafein, bahkan minum green tea sebelum tidur pun akhirnya bisa membuatnya kesulitan tidur. Hindari juga mengonsumsi cola ya.

4. Menatap hp atau laptop terlalu lama

Jika kamu terlalu lama menggunakan ponsel, laptop, atau menatap tv sebelyum tidur, kemungkinan besar kamu akan mengalami kesulitan tidur karena pancaran cahaya biru dari elektronik tersebut. Jika kamu sudah terlalu kencanduan dan sulit untuk mengubah kebiasaan, lakukan secara perlahan dulu. Mulailah dengan mengubah mode dalam perangkat elektronikmu dengan Night Shift atau pengaturan serupa yang mengurangi blue light.

5. Makan terlalu malam

Siapa nih yang suka makan di tengah malam? Hati-hati loh, kebiasaan ini ternyata dapat mengganggu siklus tidurmu. Kalau terpaksa makan di tengah malam, pilihlah makanan yang ringan dan porsi yang sedikit sehingga pencernaanmu tidak akan bekerja ekstra di malam hari. Kalau terlalu kenyang atau makan dalam porsi besar, akhirnya alat pencernaan akan tetap bekerja keras di masa kamu seharusnya istirahat. Dampaknya, kamu pun tak bisa tidur dengan lelap.

6. Berdiam terlalu lama di dalam kamar

Terlalu lama di dalam kamar ini tak melulu tidur ya. Ternyata melakukan aktivitas seperti menonton tv, bekerja, makan, dan lainnya di dalam kamar akan membuatmu kesulitan tidur di malam hari. Inilah pentingnya untuk tidak makan atau bekerja di dalam kamar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar