facebook

5 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Diklaim Bantu Turunkan Berat Badan

Arendya Nariswari
5 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Diklaim Bantu Turunkan Berat Badan
Ilustrasi gambar (freepik)

Bentuknya unik dan rasanya segar, simak 5 manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh berikut ini.

Suara.com - Belimbing merupakan buah yang bentuknya menyerupai bintang. Seluruh buah dapat dimakan, termasuk kulitnya. Dagingnya renyah, padat, dan sangat juicy. Kira-kira apa saja manfaat buah belimbing? Berikut ini ulasannya.

Diketahui, belimbing wuluh ( Averrhoa carambola ) adalah buah yang berasal dari Filipina, Malaysia, India, Bangladesh, Sri Lanka, dan tentunya Indonesia. Buah ini memiliki tekstur yang serupa dengan tekstur anggur. 

Belimbing yang matang rasanya manis tanpa berlebihan dan memiliki rasa asam, dan bau asam oksalat. Nah, buat yang suka buah satu ini, yuk tengok berikut ini manfaat buah belimbing yang perlu diketahui.

1. Membantu menurunkan berat badan

Baca Juga: Waspadai 7 Makanan Penyebab Jerawat, Mulai dari Makanan Cepat Saji hingga Produk Susu

Kandungan serat dan air yang tinggi, rendah kalori, dan komposisi karbohidrat yang signifikan menjadikan belimbing ideal untuk membantu orang  menurunkan berat badan. Buah ini akan membuat Anda tetap kenyang dan sehat, sehingga membantu mengurangi keinginan Anda untuk makan berlebihan.

2. Mendukung sistem pencernaan

Belimbing memiliki serat yang cukup banyak. Serat merangsang gerakan peristaltik dan meningkatkan sekresi cairan lambung, yang memudahkan pencernaan, mencegah kondisi seperti sembelit, dan melindungi tubuh dari kondisi yang lebih parah seperti kanker kolorektal. Satu cangkir belimbing wuluh mengandung 4 gram serat makanan.

3. Menjaga kesehatan tekanan darah

Belimbing kaya akan potasium. Kandungan potasium dalam belimbing memang dikenal tinggi. Satu cangkir buah belimbing mengandung 176 mg potasium, dan hanya 2,6 mg sodium. Ini membantu pembuluh darah rileks dan mempertahankan  tekanan darah yang tepat.

Baca Juga: Bisa Buat Malnutrisi, 8 Jenis Diet Ini Berbahaya untuk Tubuh

4. Membantu individu melawan infeksi

Satu cangkir buah belimbing mengandung 76% kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang berguna dalam membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan menghilangkan radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh.

5. Menyehatkan Rambut

Asupan vitamin C dalam Belimbing bukan hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh tetapi juga dapat menciptakan dan memelihara kolagen, protein penting yang terdapat pada rambut dan kulit. Selain itu, belimbing juga mengandung vitamin A untuk menjaga kelembapan rambut melalui peningkatan produksi sebum.

Demikian informasi mengenai manfaat buah belimbing yang perlu diketahui. Meski memiliki banyak manfaat, sebaiknya hindari mengonsumsinya secara berlebihan.

Kontributor : Ulil Azmi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar