facebook

Cara Mengatasi Kesemutan dengan Tepat dan Cepat, Begini Langkah-langkahnya

Arendya Nariswari
Cara Mengatasi Kesemutan dengan Tepat dan Cepat, Begini Langkah-langkahnya
Ilustrasi kesemutan, pegal, nyeri pergelangan tangan, rematik. (Shutterstock)

Anda sering merasa kesemutan, simak cara mengatasinya dengan tepat berikut ini.

Suara.com - Tidak sedikit orang-orang sesekali merasakan kesemutan. Beberapa dari mereka tak jarang menganggap kesemutan sebagai hal remeh.

Padahal, kesemutan ini disebut dapat menjadi pertanda cukup serius jika terlalu sering dialami oleh seseorang.

Dihimpun dari Yukepo---Jaringan Suara.com, ternyata penyebab kesemutan ini jika dipahami tentu bukan masalah sepele.

Bisa jadi kesemutan ini muncul akibat kadar asam urat tinggi, kurang kalsium, peredaran darah kurang lancar hingga gejala kolesterol.

Baca Juga: 11 Khasiat Kayu Manis, Bisa Kontro Gula Darah dan Menyehatkan Usus Besar

Jika merasakan kesemutan, seseorang bisa mengatasinya dengan menggerakan otot secara perlahan atau melakukan peregangan.

Untuk cara mengatasi kesemutan selengkapnya, yuk intip informasi berikut di bawah ini.

1. Kesemutan pada bagian kaki

Kesemutan pada kaki juga diakibatkan oleh aliran darah ke syaraf yang terhambat. Biasanya hal ini terjadi ketika kamu duduk bersila terlalu lama atau kakimu tertindih dalam waktu yang cukup lama. Nah untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan cara berikut.

  • Ganti posisi kaki kamu saat duduk bersila atau lesehan.
  • Kamu bisa sedikit memijat pada bagian kaki yang kesemutan. Namun jangan pijat terlalu kuat - cukup untuk membuat otot rileks dan aliran darah menjadi lancar.
  • Seperti kesemutan pada tangan, kamu juga bisa menjentikkan jempol tangan kamu ke bagian kaki yang kesemutan.

Dengan cara tersebut, biasanya kesemutan akan mulai hilang. Kemudian kamu bisa mulai meregangkan kaki atau luruskan secara perlahan agar otot kaki menjadi lebih rileks.

Baca Juga: Khasiat Ajaib Kayu Manis yang Baik Untuk Tubuh

2. Latihan yoga

Bagi kamu yang gemar yoga, ternyata olahraga ini bisa membantu kamu menghindari kesemutan, lho. Sebab, yoga sangat baik untuk membuat aliran darah menjadi lancar, otot yang kaku juga menjadi lebih rileks karena tubuh bisa lebih fleksibel.

Namun bagi pemula, untuk melakukan ini butuh mentor ya. Karena gerakan-gerakan yoga bisa membuat kamu cedera kalau nekat melakukannya sendiri.

3. Kesemutan pada bagian tangan

Kesemutan pada tangan umumnya disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu sedang tidur, yakni tidak sadar tangan kamu terhimpit atau tertindih badan kamu sendiri dalam waktu yang cukup lama. Nah cara untuk mengatasi kesemutan pada tangan sebagai berikut.

  • Luruskan tangan kamu secara perlahan, tapi jangan terlalu dipaksakan.
  • Kamu bisa menjentikkan dengan kuat pada bagian kesemutan dengan jempol tangan kamu. Cara ini bisa membantu aliran darah dan otot menjadi rileks.

Ingat, ketika melakukan itu tangan kamu terasa sakit, diamkan dulu sejenak sampai otot dan aliran darah mulai normal. Kemudian kamu bisa melakukan cara-cara di atas secara perlahan.

4. Kunyit

Terakhir ada kunyit. Rempah ini memang sering menjadi bahan obat herbal dan baik untuk menghilangkan nyeri sendi hingga kesemutan. Caranya, seperti mengkomsumsi kayu manis tadi.

Pertama siapkan 1 sendok teh kunyit bubuk dan madu. Kemudian campurkan ke dalam segelas air. Minum ini secara rutin bisa mencegah kamu dari kesemutan. Selain itu, asam lambung, cacar air, bisul, dan masalah kesehatan serupa juga bisa sembuh.

5. Kayu Manis

Kayu manis mengandung nutrisi dan senyawa seperti kalium, vitamin B kompleks yang penting untuk kesehatan otot dan tulang.

Nutrisinya juga ampuh untuk melancarkan aliran darah kamu, sehingga kesemutanmu bisa berkurang dan terobati. Cara mengkonsumsinya bisa menggunakan 1 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampurkan ke dalam 1 gelas air dan madu.

6. Alpukat

Selain melakukan peregangan dan fokus pada otot, mengkonsumsi beberapa bahan alami juga bisa membantu kamu mencegah kesemutan, salah satunya alpukat. Buah ini kaya akan magnesium yang sangat bagus untuk otot dan tulang kamu. Selain itu, alpukat juga menjadi menu yang bagus untuk penderita diabetes hingga ginjal.

7. Kompres dengan menggunakan air hangat

Selain memakai kedua cara di atas, kamu juga bisa mengkompres bagian kaki atau tangan yang kesemutan dengan air hangat. Cara ini cukup ampuh menghilangkan kesemutan.

Kenapa air hangat? Karena bisa membantu aliran darah menjadi lancar dan otot menjadi lebih rileks. Kamu bisa mengkompres selama 5 sampai 7 menit. Waktu ini biasanya cukup untuk menghilangkan kesemutan kamu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar