facebook

Cara Menanam Pohon Lemon di Dalam dan Luar Ruangan, Ini Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Rima Sekarani Imamun Nissa
Cara Menanam Pohon Lemon di Dalam dan Luar Ruangan, Ini Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan
Ilustrasi buah lemon (Shutterstock).

Terapkan cara menanam pohon lemon baik di dalam dan luar ruangan yang tepat untuk hasil terbaik. Simak panduan selengkapnya berikut ini.

Suara.com - Menanam pohon lemon tidak terlalu sulit. Selama Anda memenuhi kebutuhan dasar mereka, cara menanam pohon lemon bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga.

Yuk, simak cara menanam pohon lemon seperti dirangkum dari laman Gardening Know How, Kamis (27/1/2022).

Cara Menanam Pohon Lemon di Luar Ruangan

Pohon lemon lebih sensitif terhadap dingin daripada semua jenis pohon jeruk lainnya. Karena kepekaan ini, pohon lemon harus ditanam dengan perlindungan dari udara dingin dan embun beku. Menumbuhkannya di dekat rumah akan cukup membantu.

Baca Juga: Tak Selalu Bagus, Ketahui 5 Bahaya Melakukan Perawatan Wajah Pakai Buah Lemon

Ilustrasi jus lemon. (Shutterstock)
Ilustrasi jus lemon. (Shutterstock)

Pohon lemon juga membutuhkan sinar matahari penuh untuk pertumbuhan optimal. Meskipun pohon lemon dapat mentolerir berbagai jenis tanah, termasuk tanah yang buruk, sebagian besar lebih menyukai tanah yang sedikit asam dan dikeringkan dengan baik.

Seperti apa posisi tanah untuk menanam lemon? Pohon lemon harus diatur sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Karena itu, gali lubang yang agak lebih dangkal dari panjang bola akar. Tempatkan pohon di dalam lubang dan ganti tanahnya. Tambahkan air secukupnya dan beberapa mulsa untuk membantu mempertahankan kelembapan.

Pohon lemon membutuhkan penyiraman yang banyak sekali dalam seminggu. Jika perlu, pemangkasan pohon lemon dapat dilakukan untuk mempertahankan bentuk dan tingginya.

Cara Menanam Pohon Lemon di Dalam Ruangan

Lemon dapat dijadikan tanaman hias selama ada drainase dan ruang yang cukup untuk pertumbuhan. Untuk pohon lemon yang tumbuh di dalam ruangan, ketinggian idealnya sekitar 1-1,5 meter.

Baca Juga: Mengusir Energi Negatif, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Jadi Pembawa Keberuntungan di Tahun 2022

Tanaman ini juga lebih menyukai tanah yang dikeringkan dengan baik dan sedikit asam. Jaga agar tanah tetap lembap dan beri pupuk sesuai kebutuhan.

Pohon lemon tumbuh subur dalam kisaran suhu udara normal sekitar 21 derajat celcius sepanjang hari dan 13 derajat celcius pada malam hari.

Ilustrasi lemon. (Pexels/Lukas)
Ilustrasi lemon. (Pexels/Lukas)

Pohon lemon membutuhkan banyak cahaya sehingga mungkin perlu dilengkapi dengan lampu fluorescent agar bisa tumbuh dengan baik selama musim dingin. Pohon lemon dapat ditempatkan di luar ruangan selama periode hangat dan ini direkomendasikan untuk meningkatkan peluang menghasilkan buah.

Saat Anda menanam pohon lemon di dalam ruangan, lebah dan serangga lain tidak dapat menyerbuki tanaman ini. Oleh karena itu, Anda harus menempatkannya di luar ruangan selama musim panas kecuali jika Anda ingin melakukan penyerbukan dengan tangan.

Budidaya Pohon Lemon

Banyak pohon lemon ditanam dalam wadah, dibeli langsung dari pembibitan. Namun, tanaman ini bisa dibudidayakan melalui stek, layering udara, dan biji. Variasi pohon lemon biasanya menentukan metode terbaik yang digunakan.

Kebanyakan orang merasa lebih mudah untuk menanam lemon dengan stek besar. Di sisi lain, cara menanam pohon lemon dari bibit biasanya lambat berbuah.

Saat memilih untuk menanam dari biji, biarkan mengering selama satu atau dua minggu. Setelah kering, tanam benih sedalam satu inci di tanah pot yang baik dan tutup dengan bungkus plastik bening. Atur pot di lokasi yang cerah dan tunggu hingga tingginy amencapai 6 hingga 12 inci (15-30 cm) sebelum dipindahkan ke luar ruangan atau ke pot lain.

Demikian panduan cara menanam pohon lemon yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar