facebook

Ini 7 Manfaat Tepung Maizena untuk Membersihkan Rumah, Bisa Menyerap Bau Tak Sedap

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ini 7 Manfaat Tepung Maizena untuk Membersihkan Rumah, Bisa Menyerap Bau Tak Sedap
Tepung maizena (Pixabay/Have_a_Great_Day)

Tahukah Anda bahwa tepung maizena dapat digunakan sebagai bahan pembersih rumah? Apa saja manfaat tepung maizena untuk membersihkan rumah?

Suara.com - Selain bisa digunakan sebagai bahan pembuat berbagai makanan, rupanya tepung maizena juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai peralatan di rumah. Apa saja manfaat tepung maizena? Tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat tepung maizena untuk membersihkan rumah.

Jika Anda biasanya menggunakan soda kue untuk membersihkan rumah, cobalah gunakan tepung maizena untuk pekerjaan serupa.

Dilansir dari laman Clean My Space, berikut 7 manfaat tepung maizena untuk membersihkan rumah.

Ilustrasi sepatu kotor. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi sepatu kotor. (Pixabay/Pexels)

Menyerap bau

Baca Juga: Para Artis Ini Ternyata Masih Mengontrak Rumah, Mulai Arie Kriting Hingga Sophia Latjuba

Sama halnya dengan soda kue, tepung maizena juga memiliki kemampuan tinggi untuk menyerap bau tidak sedap, salah satunya bau sepatu. Anda hanya perlu menaburkan sedikit tepung maizena ke dalam sepatu dan biarkan semalaman.

Jika ingin hasilnya lebih maksimal, tambahkan minyak esensial sebagai campuran tepung sebelum memasukkan ke dalam sepatu.

Membersihkan noda minyak

Jika Anda tidak sengaja menumpahkan minyak pada karpet atau kain, tidak perlu khawatir karena tepung maizena dapat membersihkannya.

Caranya, tuangkan tepung maizena di atas noda tersebut dan biarkan selama 15-20 menit. Selama itu, tepung maizena akan menyerap minyak sekaligus menghilangkan baunya. Setelahnya, taburi karpet dengan bedak.

Baca Juga: 5 Kegiatan Menyenangkan untuk Menghabiskan Waktu Sendiri di Rumah

Wood polish

Beberapa produk pemoles warna kayu, mungkin akan membuat furniture Anda terasa lebih lengket dan berlilin setelahnya. Untuk menghilangkan hal tersebut, coba gunakan tepung maizena setelahnya. Caranya, campurkan tepung maizena dengan air dan semprotkan pada furniture yang baru saja dipoles.

Pembersih jendela dan kaca

Butiran tepung maizena sangatlah halus sehingga membuatnya abrasif secara alami sebagai tingkat atom. Untuk menggunakan tepung maizena sebagai pembersih kaca dan jendela, cukup campurkan satu sendok tepung maizena dengan air dan cuka. Setelah itu, semprotkan ke kaca dan jendela.

Ilustrasi membersihkan rumah saat pandemi. (Unsplash)
Ilustrasi membersihkan rumah saat pandemi. (Unsplash)

Menghaluskan pakaian

Manfaat tepung maizena selanjutnya adalah membuat pakaian lebih bersih dan halus setelah dicuci. Caranya, tambahkan 1 sendok makan tepung maizena ke dalam 2 cangkir air dingin di dalam botol semprot lalu kocok.

Setelah itu, semprotkan sedikit ke pakaian sebelum disetrika. Kotoran dan keringat yang tersisa pada pakaian akan terserap ke tepung maizena sehingga membuatnya terlihat lebih halus dan bersih.

Membersihkan hewan peliharaan

Selain memandikan hewan peliharaan secara rutin, Anda juga dapat melakukan membersihkan tubuh mereka dengan bantuan tepung maizena. Untuk membersihkan bulu hewan peliharaan Anda, cukup taburkan sedikit tepung maizena, gosok-gosok seperti ketika keramas, kemudian sikat.

Tepung maizena juga akan membantu menghilangkan kotoran dan penghuni lain yang terperangkap dalam bulu lebat hewan peliharaan Anda.

Membersihkan boneka

Beberapa jenis boneka mungkin tidak bisa dicuci dengan air terlalu sering atau bahkan sama sekali. Namun, tentu saja Anda tetap perlu menjaga kebersihannya salah satunya dengan menggunakan tepung maizena.

Caranya, masukkan boneka ke dalam kantong kertas yang telah diisi tepung maizena. Setelah itu, kocok kantong tersebut dan biarkan semalaman. Paginya, keluarkan boneka dari dalam kantong dan buang sisa-sisa tepung yang menempel.

Itulah beberapa manfaat tepung maizena untuk membersihkan rumah. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar