facebook

Jadi Bahan Skincare Terkenal di Korea, Ini Manfaat Lendir Siput untuk Kulit

Vania Rossa
Jadi Bahan Skincare Terkenal di Korea, Ini Manfaat Lendir Siput untuk Kulit
Skin Soul body lotion by Amanda Manopo mengandung lendir siput. (Dok. Skin Soul)

Salah satunya bisa membuat tampilan kulit lebih berkilau alias glass skin.

Suara.com - Tren Korea Selatan begitu digandrungi di Indonesia. Tak hanya musik dan film, tapi juga merambah ke fesyen dan kecantikan. Beragam kosmetik dan skincare yang memiliki kandungan asli dari negeri ginseng tersebut pun jadi favorit banyak kaum perempuan. Salah satunya snail filtrate atau lendir siput.

Snail filtrate adalah salah satu bahan kosmetik yang terkenal di Korea, yang dipercaya dapat menghidrasi, mencegah tanda-tanda penuaan seperti kerutan, hingga menyembuhkan bekas luka.

Dr. Rizqi Aminia, dokter praktisi estetik, dalam siaran tertulis yang diterima Suara.com, menjelaskan bahwa snail filtrate yang juga kerap disebut sebagai snail mucin adalah lendir siput yang disekresi oleh siput sebagai mekanisme pertahanan hidup mereka, dengan cara mengurangi dehidrasi dan menyembuhkan luka akibat goresan saat mereka berjalan.

Dikatakan pula bahwa lendir siput ini mengandung Allatoin, Peptide, anti bakteri, dan nutrisi lainnya dipercaya dapat membuat tampilan kulit lebih berkilau, yang kini tren kulit tersebut sering disebut glass skin.

Baca Juga: Cara Pakai Essence Wajah dengan Benar, Lakukan Tahapan Ini Agar Bekerja Optimal

Menurut sebuah survei terbatas yang dilakukan oleh pakar Biologi dari Tulane University, New Orleans - Louisiana, yang dilakukan terhadap 25 partisipan dengan kulit rusak, menggunakan krim dengan berbahan dasar lendir siput terbukti mampu mengurangi kerutan dan kulit kasar dalam 12 minggu.

Hal ini disebabkan oleh asam glikolat atau glycolic acid dalam siput membantu memproduksi kolagen dan elastin dan juga mampu mencerahkan dan melembutkan kulit.

Mengungkap manfaat lain mengenai kandungan Snail Filtrate, dalam studi lainnya pun ditemukan bahwa Snail Filtrate mampu mencegah penuaan dini melalui protein dan Kitin yang terkandung di dalamnya.

Dalam penelitian tersebut, dilakukan metode eksperimen yang menggunakan paparan sinar UV terhadap punggung hewan (kelinci) selama 14 hari yang coba dikerutkan.

Snail Filtrate kemudian digunakan sebagai senyawa aktif dalam formulasi krim yang digunakan, yang dibagi dalam 4 formula konsentrasi 0% (tanpa Snail filtrate), 5%, 10% dan 15%.

Baca Juga: 7 Manfaat Serum Wajah, Mulai dari Melembabkan Sampai Investasi Masa Depan

Dalam penelitian tersebut ditemukan hasil bahwa dengan konsentrasi 5% Snail filtrate memiliki efektivitas lebih kuat, sehingga disimpulkan bahwa formulasi kandungan Snail filtrate harus dapat diseimbangkan dengan bahan-bahan lainnya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar