facebook

Doa untuk Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT, Baca Saat Sedang Berusaha Memperbaiki Diri!

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Doa untuk Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT, Baca Saat Sedang Berusaha Memperbaiki Diri!
Ilustrasi Doa (Pixabay)

Kita sebagai manusia biasa wajib untuk mencoba memperbaiki diri menjadi pribadi yang baik.

Suara.com - Sering merasa tak mampu mengendalikan diri saat sedang marah? Saatnya bagimu untuk belajar memperbaiki diri. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membaca doa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Meski mungkin sulit untuk memiliki akhlak terpuji seperti halnya Rasulullah SAW, setidaknya kita sebagai manusia biasa wajib untuk mencoba memperbaiki diri menjadi pribadi yang baik.

Ada sebuah doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW yang bisa kamu baca. Berikut doanya, seperti yang dilansir dari NU Online.

"Allhummahdin li ahsanil akhlq. L yahd li ahsanih ill anta. Washrif ‘ann sayyi’ah. L yashrifu ‘anni sayyi’ah ill anta."

Baca Juga: 4 Bacaan Doa Taubat Beserta Artinya Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Artinya:

“Ya Allah, bimbinglah diriku pada akhlak paling terpuji karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlak yang buruk karena sungguh tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau.”

Rasulullah SAW kerap membaca doa ini dalam pembukaan ibadah salatnya. Hal itu telah diungkap lewat riwayat Imam Muslim berikut ini.

“Salah satu doa Rasulullah saw di awal pembukaan salat adalah berbunyi, ‘Allhummahdin li ahsanil akhlq. L yahd li ahsanih ill anta. Washrif ‘ann sayyi’ah. L yashrifu ‘anni sayyi’ah ill anta,’ (HR Muslim).” (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz III, halaman 55).

Doa ini merupakan permohonan bimbingan dari Allah SWT agar kita memiliki akhlak mulia. Dan doa ini menjadi alternatif untuk memperbaiki diri, sebagai salah satu ikhtiar untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga: Agar Akhlak Semakin Terpuji Dan Terjaga, Ini Bacaan Doa yang Wajib Diamalkan

Komentar