facebook

Berpotensi Ganggu Pencernaan, Hindari Konsumsi Makanan Ini di Malam Hari Sebelum Tidur

Arendya Nariswari
Berpotensi Ganggu Pencernaan, Hindari Konsumsi Makanan Ini di Malam Hari Sebelum Tidur
Ilustrasi wanita makan camilan.(Pexels/Pavel Danilyuk)

Jadi favorit banyak orang, ternyata 5 makanan ini diklaim bisa ganggu pencernaan jika dikonsumsi sebelum tidur.

Suara.com - Sebagian besar orang, mungkin menghindari jam makan malam saat berdiet. Tapi sebenarnya, secara medis ada beberapa makanan yang berpotensi mengganggu pencernaan lo, jika dikonsumsi sebelum tidur.

Tak hanya mengganggu diet, beberapa makanan ini bahkan disebut kurang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam waktu berdekatan dengan jam tidur.

Padahal, bisa dibilang sederet makanan dan minuman ini cukup sering dikonsumsi banyak orang mendekati waktu tidur karena rasanya yang nikmat.

Lalu makanan dan minuman apa saja yang wajib dihindari untuk dikonsumsi di malam hari sebelum tidur?

Baca Juga: Mengandung Bawang! Publik Nangis Lihat Video Viral Bayi Tidur di Dalam Gerobak Pecel Lele

Untuk daftar lengkapnya, berikut kami rangkum dari laman Hops.id---Jaringan Suara.com, Senin (16/05/2022).

1. Alkohol

Bagi sebagian orang, mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dapat membantu tidur lebih cepat karena efek mengantuk yang diberikan.

Tapi ternyata, banyak penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi alkohol akan menganggu kualitas tidur manusia.

Selain itu, mengonsumsi alkohol sebelum tidur akan membuat orang jadi lebih susah untuk bangun di pagi hari, ditambah dengan rasa pusing dan mual yang kerap dirasakan setelah minum minuman keras.

Baca Juga: Penyebab Mudah Mengantuk Selain Kurang Waktu Tidur

2. Gorengan

Jenis makanan dihindari sebelum tidur selanjutnya adalah makanan gorengan dan berlemak.

Kedua jenis makanan ini diketahui bisa mengganggu pencernaan di malam hari. Terutama lemak jenuh seperti gorengan, sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur malam.

Tapi, makanan berlemak tak jenuh seperti kacang-kacangan, alpukat, atau biji-bijian, aman untuk dikonsumsi.

3. Makanan asam

Prinsip dalam memilih makanan yang aman dikonsumsi sebelum tidur adalah yang tidak memiliki kemampuan untuk meningkatkan asam lambung.

Maka dari itu, makanan yang sifatnya asam sebaiknya dihindari.

Makanan yang sifatnya asam dan bisa menaikkan asam lambung termasuk makanan manis, beberapa produk susu dan daging tertentu, serta kue-kue.

4. Minuman bersoda

Selain makanan dihindari sebelum tidur, minuman yang mengandung bahan tertentu seperti kafein juga harus dihindari.

Selain kopi, minuman yang mengandung kafein lainnya adalah soda dan teh.

Selain bisa memberikan stimulasi pada otak, kafein juga bisa mengganggu pencernaan sehingga kualitas tidur pun berkurang.

5. Makanan pedas

Bagi penggemar makanan pedas tahan nafsu dulu ya. Sebaiknya konsumsi makanan penggugah selera ini di siang hari atau saat makan sore. Mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur bisa mengganggu pencernaan.

Makanan pedas mengandung capsaicin yang bisa mengganggu kualitas tidur bahkan ketika sudah terlelap. Capsaicin adalah zat aktif pada cabai yang menimbulkan rasa pedas dan panas.

Makanan yang aman dikonsumsi sebelum tidur

Bukan berarti tidak boleh sama sekali mengonsumsi makanan sebelum tidur. Jika tidak makan ketika tubuh sedang lapar ternyata bisa memproduksi hormon yang memicu terjadinya stress.

Beberapa makanan yang aman dikonsumsi sebelum tidur misalnya pisang, kacang-kacangan, biji-bijian, dan coklat. Makanan ini banyak mengandung magnesium yang baik untuk mendukung kualitas tidur.

Jenis makanan dihindari sebelum tidur di atas selain mengandung bahan yang bisa mengganggu kualitas tidur, biasanya juga mengandung kalori tinggi yang akan jadi lemak karena setelah makan tidak ada aktivitas bakar kalori.

Komentar