facebook

Enak Murah Meriah Pakai Bahan Rahasia, Ini Resep Bumbu Nasi Goreng ala Kaki Lima

Arendya Nariswari
Enak Murah Meriah Pakai Bahan Rahasia, Ini Resep Bumbu Nasi Goreng ala Kaki Lima
ilustrasi nasi goreng (Pixabay)

Nasi goreng ala kaki lima dijamin enak, coba pakai bahan sisa ini.

Suara.com - Nasi goreng menjadi salah satu makanan yang cukup digemari oleh berbagai kalangan, khususnya masyarakat Indonesia.

Umumnya pecinta kuliner Nusantara paling gemar menyantap nasi goreng ala kaki lima yang biasanya dijajakan dengan gerobak.

Jika Anda kesulitan menemukan nasi goreng kaki lima, sebenarnya hidangan murah meriah dengan rasa menggugah selera ini bisa dibuat sendiri di rumah lo.

Agar cita rasanya semakin mantap dan otentik ala kaki lima, ternyata ada bahan rahasia yang harus ditambahkan ke dalam sajian ini.

Baca Juga: Dapat Nasi Goreng Buatan Pacar, Isi Surat Permohonan Maaf Ini Bikin Warganet Salfok

Ilustrasi udang. (Unsplash.com/Daniel Klein)
Ilustrasi udang. (Unsplash.com/Daniel Klein)

Dihimpun dari laman Hops.id---Jaringan Suara.com, ternyata letak bumbu rahasia nasi goreng ala kali lima ini terletak pada kaldu dari bahan sisa berupa cangkang serta kepala udang.

Ya, siapa sangka bahan sisa kepala dan cangkang udang yang sudah dipisahkan dari dagingnya ini bisa membuat cita rasa nasi goreng ala kaki lima semakin mantap.

Untuk langkah-langkah atau resep bumbu nasi goreng kaki lima, yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

Bahan-bahan:

  • Segenggam kulit dan kepala udang digoreng garing.
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • Minyak untuk menumis

Langkah membuatnya:

Baca Juga: Kembangkan Usaha Kuliner Nasi Goreng Raja Bungkoes, Wijin Siap Buka 35 Gerai Tambahan

  1. Bersihkan kepala dan cangkang udang dengan air bersih dan mengalir. Saring dengan wadah carang hingga air pada cangkang dan kepala udang tertinggal sedikit.
  2. Goreng kepala dan cangkang udang hingga kering.
  3. Siapkan bahan lainnya seperti bawang putih, bawang merah dan kemiri sejumlah yang telah disebutkan di atas.
  4. Lumatkan semua bahan dengan blender hingga benar-benar halus dengan menambahkan sedikit air.
  5. Masak bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga airnya habis. Kemudian tambahkan minyak sayur lalu lumis hingga harum dan matang. Setelah matang bumbu akan terlihat terpisah dari minyak.
  6. Pindahkan bumbu ke dalam wadah bertutup, biarkan bumbu dingin dalam suhu ruangan sebelum ditutup rapat dan disimpan dalam kulkas.

Beberapa orang tidak melepas cangkang dan kepala udang untuk dimakan langsung beserta dagingnya. Agar tidak terbuang ketika dimakan setelah penyajian, goreng kering udah terlebih dahulu sebelum dibumbui.

Penyajian untuk masakan berkuah baiknya memang udang yang sudah dilepas cangkang dan kepalanya.

Selain dibuat bumbu, cangkang dan kepala udang juga dibuat kaldu karena kepala udang juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Jika kita tidak sempat memanfaatkan kulit udang atau cangkang hewan laut, campurkan saja cangkang udang dan sejenisnya dengan tanah agar terjadi proses mengomposan.

Sehingga nantinya tanaman dapat memanfaatkan sekitar 12 persen nitrogen dan berbagai mineral yang terkandung dalam cangkang kulit hewan laut.

Komentar