facebook

No Backpack Day Itu Apa? Tren Unik yang Viral di TikTok

Rima Sekarani Imamun Nissa
No Backpack Day Itu Apa? Tren Unik yang Viral di TikTok
Ilustrasi perempuan menggunakan totebag (Envato Elements)

No Backpack Day adalah hari di mana tas sekolah menjadi hal terlarang bagi para siswa.

Suara.com - Sebuah tren viral kembali muncul dari platform Tiktok, yakni no backpack day. No backpack day itu apa, sih?

Pada video yang menjadi viral di Tiktok, tampak para siswa yang tidak menggunakan tas ke sekolah untuk membawa perlengkapan belajarnya. Konten dengan tema tersebut kemudian juga merambah ke media sosial lain.

Asal Mula No Backpack Day

Pada dasarnya, no backpack day adalah kampanye yang dilakukan para pelajar di Amerika Serikat sebagai upaya peningkatan kesadaran bahwa tidak semua orang mampu membeli tas untuk sekolah.

Baca Juga: Viral Bioskop Diserbu Pengunjung, Antrean Panjang Hingga Gunakan Helm

Ilustrasi pria menggunakan totebag (Envato Elements)
Ilustrasi pria menggunakan totebag (Envato Elements)

Tidak sedikit dari mereka yang memang dalam kegiatan sehari-harinya hanya menggunakan kantong plastik atau bahkan dibawa dengan tangan kosong, termasuk perlengkapan sekolah.

Nyatanya, kondisi ini tidak hanya dialami oleh pelajar di Amerika Serikat, tapi juga beberapa negara lainnya, tidak terkecuali Indonesia. Di sini, masih ditemukan banyak siswa atau pelajar yang tidak mampu memenuhi kebutuhan sekolahnya, termasuk tas sekolah.

Tren No Backpack Day di Indonesia

Salah satu video yang viral diperbincangkan dari tren no backpack day berasal dari pemilik akun Tiktok @/osis_spensaku. Sejak diunggah pada Senin (16/05/2022) lalu, video berdurasi kurang dari satu menit ini telah dilihat oleh lebih dari 5 juta kali pengguna Tiktok.

Berdasarkan cover di awal video, dijelaskan bahwa tren ini dilakukan dengan memberlakukan aturan dilarang membawa tas ransel ke sekolah dan dapat digantikan dengan wadah lain seperti paper bag atau kotak sepatu.

Baca Juga: Ikut Tren No Backpack Day, Siswa Ini Ganti Tas Sekolah Pakai Galon, Netizen: Cara Ngeluarin Bukunya Gimana?

Dalam video tersebut, terlihat para siswa cukup kreatif dalam memilih tempat alternatif untuk menyimpan perlengkapan sekolahnya, mulai dari tas plastik, keranjang belanja, wajan, galon, hingga kandang kucing.

Melalui kolom komentarnya, bisa dilihat bahwa penonton sangat terhibur dengan kreativitas yang ada.

Video serupa juga pernah diunggah oleh akun @/belareceh di Tiktok dengan mengajak teman-teman di kelasnya. Sampai saat ini, video yang telah diunggah sejak bulan Januari lalu ini bahkan telah dilihat oleh lebih dari 25 juta kali.

Demikian informasi mengenai no backpack day itu apa. Apakah kamu tertarik berpartisipasi di tren unik ini?

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar