facebook

5 Sikap Tidak Profesional yang Sebaiknya Jangan Dilakukan di Tempat Kerja

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Sikap Tidak Profesional yang Sebaiknya Jangan Dilakukan di Tempat Kerja
Ilustrasi perempuan karier. (Freepik)

Ada beberapa sikap dan perilaku yang menunjukkan bahwa seseorang tidak profesional di tempat kerja. Apa saja?

Suara.com - Anda sudah semestinya bersikap profesional di tempat kerja. Itu bisa terlihat dari bagaimana Anda menangani tugas dan tekanan atau menghadapi berbagai situasi terkait pekerjaan.

Kebiasaan yang tidak profesional di tempat kerja bisa membuat Anda memiliki citra negatif. Dirangkum dari Times of India, Rabu (18/5/2022), berikut beberapa contoh sikap dan perilaku tidak profesional yang cenderung dilakukan orang-orang di tempat kerja.

Membawa masalah kehidupan pribadi ke tempat kerja

ilustrasi pusing.[Pexels/Andrea Piacquadio]
ilustrasi pusing saat bekerja.[Pexels/Andrea Piacquadio]

Jangan pernah membawa masalah pribadi Anda ke tempat kerja karena ini jelas tidak profesional. Rekan kerja Anda tidak hanya akan bosan mendengarkan kata-kata kasar atau keluhan Anda, tetapi juga berpotensi memicu berbagai macam rumor yang bahkan bisa memengaruhi status Anda di kantor.

Baca Juga: 5 Tipe Penunda Pekerjaan Terhebat Sepanjang Masa, Semoga Kamu Tidak Ya!

Terlambat

Tidak pernah menyelesaikan pekerjaan tepat waktu atau terlambat sampai ke kantor juga membuat Anda terlihat tidak profesional.

Mereka yang sangat tepat waktu di tempat kerja pada dasarnya selalu terlihat mengagumkan. Misalnya, tiba di tempat kerja lima menit sebelum jam kerja dimulai atau cekatan dalam mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan sebelum rapat.

Bersikap arogan

Bertingkah sombong di tempat kerja tidak akan membawa Anda ke mana-mana. Anda harus belajar untuk rendah hati dan membumi sambil tetap berupaya mempertahankan pendirian Anda di depan orang lain. Selain itu, tak ada gunakan jika Anda cuma membual tentang pencapaian Anda sepanjang waktu.

Baca Juga: Bermasalah dengan Teman Kerja? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

Ilustrasi bekerja. (Freepik)
Ilustrasi bekerja. (Freepik)

Tidak bisa bekerja dalam tim

Bekerja dalam tim adalah keterampilan yang sangat penting. Setiap perusahaan mencari kandidat yang dapat beradaptasi di lingkungan apa pun dan mampu berkoordinasi secara efektif dengan orang lain.

Tak peduli betapa luar biasa kemampuan Anda, bukan berarti Anda bisa mengerjakan semuanya sendirian. Kerja tim juga tak kalah penting.

Tampak berantakan

Tampak lusuh saat pergi bekerja bukan sikap seorang profesional. Begitu pula dengan kondisi meja kantor yang selalu berantakan, apalagi jika sampai membuat Anda kesulitan menemukan barang atau dokumen penting gara-gara saking kacaunya.

Komentar