facebook

5 Tips Beli Rumah Pertama untuk Milenial dan Keluarga Muda

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
5 Tips Beli Rumah Pertama untuk Milenial dan Keluarga Muda
Ilustrasi Rumah (Tierra Mallorca/unsplash.com)

Berikut ini lima hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah pertama.

Suara.com - Membeli rumah pertama bagi generasi milenial dan keluarga muda merupakan hal yang susah-susah gampang.

Ini terjadi karena ada berbagai hal yang perlu diperhatikan saat memilih rumah sesuai budget penghasilan bulanan.

Berikut ini lima hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah pertama menurut Head of Agent Account Management Pinhome, Verlita Panca Satria saat konferensi pers, Rabu (18/5/2022).

Ilustrasi Rumah Subsidi
Ilustrasi Rumah Subsidi

1. Lihat Lokasi Calon Rumah
Mencari rumah budget terbatas bukan berarti pergaulan jadi ikut terbatas. Sehingga, sebelum membeli rumah pastikan aksesnya mudah dicapai dari lokasi yang biasa dituju, seperti tempat kerja, stasiun, sekolah, hingga area pemerintahan.

Baca Juga: 2 Tips Menyikapi Pertengkaran dengan Pasangan, Patut Dicoba!

"Jadi di daerah tersebut ada beberapa meeting point untuk bertemu relasi, kolega dan lain-lain,” ujar Panca.

2. Luas Tanah dan Bangunan
Dibanding luas bangunan, pastikan luas tanah cukup luas, agar masih memungkinkan dibangun kembali jika memiliki dana tambahan

“Jika budget terbatas, prioritaskan luas tanah atau bangunan untuk mengakomodasi kebutuhan ruang yang lebih besar,” terang Panca.

3. Perhatikan Fasilitas Publik
Lahan hijau seperti taman sebagai tempat anak bermain, rumah ibadah, arena olahraga hingga minimarket bisa jadi poin tambahan yang juga harus diperhatikan, menunjang aktivitas sehari-hari.

"Kelengkapan fasilitas umum yang berada di area properti sangat penting seperti fasilitas yang menunjang kebersihan, keamanan, dan apakah ada fasilitas penunjang untuk anak-anak seperti playground atau play house," tutur Panca.

Baca Juga: Viral Pasangan Berjodoh, Bertemu di Rumah Sakit saat Jaga Orang Tua

4. Akses Transportasi Umum
Meski calon rumah berada jauh dari pusat kota, tapi jika ada akses transportasi umum ke pusat kota, maka layak dipertimbangkan.

“Tidak masalah dengan lokasi asalkan terdapat akses transportasi umum atau jalan tol menuju area yang sering dikunjungi," paparnya.

5. Perhatikan Lingkungan Sekitar
Poin ini bisa jadi pertimbangan tambahan, karena lingkungan sekitar memiliki udara bersih, area pepohonan yang masih rimbun akan membuat lingkungan rumah jadi lebih nyaman.

“Faktor ini cukup penting, pilihlah hunian di lingkungan yang baik, tak hanya lingkungan sosial tapi juga ada ruang terbuka hijau, komunitasnya bagus, dan tetangga yang guyub,” tutup Panca.

Komentar