facebook

Inilah Baju Olahraga yang Dapat Melipatgandakan Performa Pemakainya

Vania Rossa
Inilah Baju Olahraga yang Dapat Melipatgandakan Performa Pemakainya
Ilustrasi olahraga (unsplash.com).

Dengan baju olehraga kompresi, tak hanya meningkatkan performa, tapi juga mengurangi cedera, dan membuat proses recovery lebih cepat.

Suara.com - Baju olahraga yang Anda kenakan ternyata dapat memengaruhi performa saat latihan, lho. Salah satunya adalah 2XU (dibaca: two times you), merek baju olahraga Australia yang didirikan pada tahun 2005 oleh seorang atlet triathlon profesional, Jamie Hunt.

Dalam perkembangannya, 2XU telah menjadi baju olahraga paling teknikal di dunia. Seperti makna namanya, two times you berarti “Human Performance Multiplied” atau mendorong melipatgandakan performa pemakainya melalui dukungan pakaian berkompresi.

Terbuat dari elastane, nylon, dan PWX, baju olahraga 2XU mendukung kekuatan, massa tubuh, serta fleksibilitas saat berolahraga.

"Tak hanya improve performance, tapi juga mengurangi cedera, dan membuat proses recovery lebih cepat," kata Yuniarti Iskandar, Brand Merchandising 2XU Indonesia, saat ditemui di BodyFit, Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jangan Makan Sembarangan, Ahli Gizi Memberi Tips Diet Sehat Setelah Operasi Jantung

Baru-baru ini, 2XU yang merupakan bagian dari jaringan ritel PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAP), membuka gerai baru di Mal Kota Kasablanka.

Gerai 2XU di Kota Kasablanka. (Dok. 2XU)
Gerai 2XU di Kota Kasablanka. (Dok. 2XU)

Sebagai merek baju olahraga yang paling teknikal di dunia, 2XU memiliki produk unggulan, yaitu MCS Compression. MCS (muscle containment stamping) merupakan sistem pendukung kain baju olahraga yang revolusioner yang dapat menelusuri otot, tendon, dan kelompok fascia untuk mendukung otot utama dalam melawan kelelahan dan ketegangan otot selama latihan intensif. Keunggulan ini yang dapat membantu atlet melakukan persiapan, performa, dan pemulihan yang lebih baik.

Apabila dibandingkan dengan produk compression lainnya, MCS Compression memiliki jumlah kompresi maksimum yaitu 23-26*mmHg, yang merupakan tertinggi dalam rentang kompresi milik 2XU.

Studi menunjukkan bahwa semakin besar tingkat kompresi yang diterapkan dengan benar ke tubuh, semakin besar peningkatan aliran darah. Peningkatan aliran darah seperti itu telah ditemukan dapat meningkatkan kinerja dan mempercepat pemulihan.

Baju Olahraga yang Dapat Melipatgandakan Performa. (Dok. 2XU)
Baju Olahraga yang Dapat Melipatgandakan Performa. (Dok. 2XU)

“MCS Compression oleh 2XU ini menjadi salah satu item esensial ketika saya berolahraga, khususnya ketika saya bertanding. Dengan kompresi yang maksimal, MCS Compression membantu saya dalam memberikan performa terbaik saya,” ujar atlet triathlon nasional, Jauhari Johan, yang dalam SEA Games Hanoi Vietnam 2021 lalu meraih medali perunggu dalam nomor duathlon.

Baca Juga: Ini Activewear Hijab Pertama di Indonesia, Gunakan Bahan Berkualitas Tinggi

2XU memiliki 4 tipe compression dengan tingkat kompresi yang berbeda untuk setiap aktivitas olahraga yang berbeda-beda. Keempat tipe tersebut adalah FORM (tingkat kompresi mild), CORE, AERO, MOTION & IGNITION (tingkat kompresi moderate), FORCE & LIGHT SPEED (tingkat kompresi firm), dan RECOVERY (tingkat kompresi extra firm). MCS Compression dapat ditemukan di kompresi tipe firm.

”Dengan 4 tipe kompresi yang dimiliki 2XU, hal ini dapat menyesuaikan kebutuhan pemakai, sehingga lebih efektif mendukung performa pemakainya. Misalnya, mungkin hari ini ingin menggunakan compression dengan tingkat mild, maka bisa menggunakan FORM, lalu latihan berikutnya fokus untuk recovery yang lebih maksimal, maka dapat menggunakan extra firm,” ujar Jemima Djatmiko, pelatih CrossFit & Weightlifting, yang baru saja menyelesaikan World Series of Fitness Racing di Las Vegas dan menjadi wanita Indonesia pertama yang mengikutinya.

Komentar