facebook

Keindahan Pantai Menganti dan Keindahan Panorama dari Tanjung Karangbata

Arendya Nariswari
Keindahan Pantai Menganti dan Keindahan Panorama dari Tanjung Karangbata
https://www.instagram.com/a_irawan21/

Menikmati keindahan Pantai Menganti di Kebumen, ide wisata alam bersama teman dan keluarga

Suara.com - Kecantikan Pantai Menganti Kebumen memang tidak perlu diragukan lagi. Hamparan pasir putih yang dipertemukan dengan air laut dan tebing karst akan membuat siapapun yang melihatnya terpana.

Pantai Menganti paling ramai didatangi wisatawan saat pagi dan sore hari karena di waktu-waktu tersebut, Anda akan disuguhkan dengan panorama matahari terbit dan terbenam. Meski begitu, Anda tetap bisa menikmati keindahan Pantai Menganti kapan pun dan dari sudut manapun.

Tidak hanya di musim kemarau, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Menganti di musim hujan. Jika beruntung, Anda bisa menemukan beberapa titik yang membentuk air terjun alami dengan ketinggian mencapai 30 meter.

Lokasi Pantai Menganti

Baca Juga: Tegas! Gara-gara Tidak Aktif Tangani Banjir, Bupati Kebumen Copot Camat beserta Perangkat Kecamatan Ayah

Pantai Menganti berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Terletak 30 kilometer dari pusat Kecamatan Gombong, Anda perlu menempuh perjalanan kurang lebih satu jam untuk sampai di lokasi.

Setelah mencapai parkiran Pantai Menganti, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke bibir pantai dengan berjalan kaki melalui anak tangga atau menaiki pick-up gratis untuk menuju spot Tanjung Karangbata.

Spot Terbaik di Pantai Menganti

Selain bermain air di tepian pantai langsung, terdapat beberapa spot favorit di Pantai Menganti yang juga perlu Anda coba seperti Tanjung Karangbata dan Jembatan Merah.

Tanjung Karangbata pada dasarnya merupakan perbukitan yang menjorok ke laut layaknya Uluwatu dan Nusa Penida.

Baca Juga: Kebumen Darurat Bencana, Satu Balita Tewas dan Ribuan Warga Mengungsi Karena Terdampak Banjir

Di Tanjung Karangbata juga tersedia beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat sembari menikmati keindahan laut dari ketinggian. Tidak jauh dari Tanjung Karangbata, ada juga spot unik yaitu batuan columnar joint seperti tiang dan hexagon yang terbentuk alami dari sisa-sisa gunung berapi di masa lampau.

Bagi Anda yang berminat untuk menghabiskan malam di alam juga bisa menyewa camping ground yang ada di Tanjung Karangbata. 

Spot favorit selanjutnya adalah Jembatan Merah, sesuai dengan namanya, jembatan satu ini dipenuhi dengan warna merah mulai dari pagar, tangga, hingga gazebonya. Pengunjung yang ke sni tidak akan segan untuk antri demi mendapatkan foto terbaik di tengah jembatan merah.

Demikian informasi mengenai Pantai Menganti di Kebumen, salah satu pantai terbaik yang tidak pernah sepi dari wisatawan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar