facebook

5 Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Atasan Mengkritik Anda di Depan Orang Lain

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
5 Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Atasan Mengkritik Anda di Depan Orang Lain
Ilustrasi atasan dan bawahan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kritik dari atasan juga bisa bikin mental hancur dan berakhir menyalahkan diri sendiri. Lakukan lima hal ini jika atasan mengkritik Anda di depan orang banyak.

Suara.com - Mungkin hampir semua orang sepakat, dikritik atasan di depan orang banyak bisa membuat harga diri runtuh. Tidak hanya itu, kepercayaan diri juga ikut turun dan membuat sulit konsentrasi terhadap pekerjaan.

Kritik dari atasan juga bisa bikin mental hancur dan berakhir menyalahkan diri sendiri. Dan jika itu terjadi pada Anda, maka lakukan lima hal ini. Simak selengkapnya seperti yang dilansir Suara.com dari HealthShots berikut ini.

1. Jangan Mudah Tersinggung
Atasan yang mengkritik mungkin akan terkesan menghina Anda. Tapi, bisa saja mereka ingin membantu Anda agar menjadi karyawan yang lebih baik. Bagaimanapun, mereka adalah senior, jadi belajarlah untuk tidak mudah tersinggung.

2. Belajar Mendengarkan
Ketika seseorang mengkritik Anda, jangan menyela. Sebaiknya biarkan mereka selesai berbicara dan ajukan pertanyaan bila membutuhkan informasi lebih lanjut. Dengan cara ini, tentu Anda akan belajar mendengarkan. Dengar sarannya untuk meningkatkan kinerja Anda.

Baca Juga: Jas Rapi Delegasi Indonesia Pimpinan Luhut Binsar vs Elon Musk Hanya Pakai Kaos Oblong, Publik: Harga diri Luntur

3. Buat Catatan
Ketika atasan mengkritik kinerja Anda, sebaiknya tuliskan semua apa yang dikatakan mereka. Tulis semuanya di buku catatan untuk membantu Anda memperbaiki diri. Dan yang terpenting, belajarlah dari kesalahan dan gunakan informasi yang disediakan.

4. Minta Klarifikasi
Terkadang, atasan Anda mungkin tidak bersungguh-sungguh dengan apa yang mereka katakan. Mereka bingung saat mengatakan sesuatu, atau saat memberi Anda nasihat dengan informasi yang salah.

Dalam kasus ini, mintalah mereka untuk menjelaskan lebih lanjut. Jika informasi yang disampaikan membuat Anda tidak yakin, mintalah klarifikasi.

5. Tanggapi dengan Tepat
Setelah Anda tahu apa maksud kritikan dari atasan Anda, sebaiknya jangan merespons secara negatif. Renspon dengan cara yang tepat dan positif.

Misalnya, jika atasan Anda memberi tahu Anda bahwa Anda tidak mengikuti petunjuk, beri tahu mereka bahwa Anda akan bekerja lebih efisien, dan tidak melakukan kesalahan yang sama lagi.

Baca Juga: Ghosting: Sama Menyakitkannya dengan Cedera Tubuh, Begini Caranya untuk Move On

Komentar