facebook

Bukan Nasi, Sop Daging di Kopi Ko Acung Disajikan dengan Singkong Khas Kalimantan Barat, Berani Coba?

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Bukan Nasi, Sop Daging di Kopi Ko Acung Disajikan dengan Singkong Khas Kalimantan Barat, Berani Coba?
Menu Kopi Ko Acung. (Suara.com/Lilis Varwati)

Ko Acung yang memang tumbuh besar di kota Sambas berniat untuk memopulerkan jajanan khas Kalimantan Barat yang saat ia kecil selalu disantapnya

Suara.com - Walaupun di Jakarta, masyarakat Ibukota bisa menikmati makanan asli Sambas, Kalimantan Barat, dengan rasa yang otentik di restoran Kopi Ko Acung yang baru buka cabang kedua di kawasan jl. H. Agus Salim, Menteng, Jakarta.

Terutama bagi penyuka daging sapi dan gemar minum kopi. Jangan sampai tidak menyicipi sop singkong kuah sapi yang jadi menu andalan di sana. Aneka minuman dengan beragam jenis kopi dari daerah Sumatera hingga Papua juga bisa dipesan di Kopi Ko Acung.

"Menu unggulan di sini ada sop singkong, sate kuah juga. Kemudian ada choi pan itu kukusan isinya bengkoang dan ebi, mirip kaya dimsum. Kemudian ada lagi kwetiau siram dan kwetiau goreng. Kwitiau goreng pakai daun katuk dan toge. Itu khas Kalimantan pakai katuk," tutur Ko Acung sendiri yang menjadi koki di restoran tersebut. 

Menu Kopi Ko Acung. (Suara.com/Lilis Varwati)
Menu Kopi Ko Acung. (Suara.com/Lilis Varwati)

Ko Acung yang memang tumbuh besar di kota Sambas berniat untuk memopulerkan jajanan khas Kalimantan Barat yang saat ia kecil selalu disantapnya. Seperti, sop singkong yang jadi menu andalan. 

Baca Juga: Masakannya Dipuji Chenle NCT Dream Enak, Restoran Seafood di Jakarta Ini Mendadak Diserbu Pengunjung

Ia bercerita kalau di kota Sambas, makanan tersebut biasa dijual di sekolah dengan harga murah. Warga lokal juga biasa memasak itu sebagai hidangan sehari-hari. 

"Tetapi jarang sekali ditemukan si menu restoran. Di Jakarta, saya rasa di sini satu-satunya," kata Ko Acung. 

Walaupun berinovasi dengan menambahkan daging sapi sebagai toping sop singkong, Ko Acung menjamin rasanya tetap sesuai dengan khas Kalimantan Barat. Dinamakan sop singkong lantaran sop dengan kuah kaldu tersebut memang kombinasi antara misua, ikan, teri, kacang goreng, juga singkong rebus. 

Menurut Ko Acung, singkong memang biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi oleh masyarakat Sambas. Ditambah lagi misua, atau dikenal dengan mi asin, yang juga mengandung karbohidrat sehingga bisa memberikan rasa kenyang yang cukup hanya dengan satu porsi mangkuk sop.

Menu Kopi Ko Acung. (Suara.com/Lilis Varwati)
Menu Kopi Ko Acung. (Suara.com/Lilis Varwati)

Agar tampilan dan rasa lebih premium, Ko Acung menambahkan daging sapi. Kuahnya juga terbuat dari kaldu tulang sapi yang hanya dicampur dengan racikan rempah.

Baca Juga: Lakuliner Ajak Pebisnis Rumahan Manfaatkan Spot Terabaikan Jadi Ladang Bisnis

"Walaupun berkuah tidak berminyak, agak bening, rasa kaldu sapi dan rempah racikan kita matching banget, segar. Apalagi dikasi jeruk sonkit dan cabai itu enak banget," tuturnya.

Komentar