facebook

Kaya Nutrisi, Ini 3 Manfaat Skincare dari Apel

Vania Rossa
Kaya Nutrisi, Ini 3 Manfaat Skincare dari Apel
Ilustrasi Skincare dari Apel (Elements Envato)

Apel sudah sejak lama menjadi ingredient berbagai skincare.

Suara.com - Apel tak hanya nikmat disantap, tapi juga sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, kebaikan apel tak hanya didapat saat dikonsumsi langsung, tetapi juga dengan mengoleskannya ke kulit sebagai skincare.

Apel sudah sejak lama menjadi ingredient berbagai skincare. Buah yang kaya dengan asam fenolik dan flavonoid ini diketahui memiliki manfaat yang tak main-main untuk kecantikan kulit.

“Ekstrak buah apel adalah bahan yang bermanfaat karena komposisi fitokimianya yang kaya,” jelas Najia Shaikh, dermatologist dan founder One Skin Clinic Shaikh, mengutip dari Healthline.

“Flavonoid memiliki aktivitas antioksidan, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV), polusi, dan faktor lingkungan lainnya,” kata Najia.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pelembap untuk Kulit Kering, Lembut dan Anti Lengket

Sebuah studi tahun 2019 mencatat bahwa asam fenolik adalah bagian penting dari diet seimbang, karena mengandung antioksidan dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan.

Sebuah tinjauan 2016 menjelaskan bahwa flavonoid juga penting untuk sifat antioksidan, anti-inflamasi, antimutagenik, dan antikarsinogeniknya.

Penasaran dengan manfaat yang bisa didapat dari skincare berbahan apel? Simak di bawah ini, ya.

1. Mencerahkan kulit

Banyak orang percaya bahwa mengoleskan sari cuka apel ke kulit dapat membantu memperbaiki kulit kusam. Sari cuka apel merupakan turunan dari apel yang mengandung asam asetat dan asam sitrat.

Baca Juga: Traveling Saat Libur Panjang? Ini 3 Produk Skincare Wajib Dibawa Agar Kulit Tetap Glowing

Sebuah studi tahun 2021 menunjukkan bahwa asam asetat memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari infeksi. Namun, penggunaannya juga bisa berbahaya bagi kulit jika tidak sesuai aturan.

Komentar