facebook

Bikin HR tertarik, Hindari 5 Hal Ini Saat Wawancara Kerja

Arendya Nariswari | Rafidah Raihany
Bikin HR tertarik, Hindari 5 Hal Ini Saat Wawancara Kerja
Ilustrasi Wawancara Kerja (freepik)

Hindari 5 hal ini agar HRD tertarik saat interview kerja

Suara.com - Bagi para pencari kerja, tahap interview atau wawancara kerja menjadi salah satu tahapan yang memerlukan banyak persiapan. Hal ini dikarenakan dalam beberapa perusahaan, hasil wawancara menjadi salah satu penentu besar seseorang diterima bekerja.

Saat wawancara kerja berlangsung, penting untuk menarik minat pewawancara, baik itu HRD maupun user. Dilansir dari newsweek, serang pembimbing karir, Stacey Perkins menjelaskan bila kandidat harus mempersiapkan diri dan membuat interviewer menyadari bahwa kandidat tertarik untuk bekerja di perusahaan ini.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar HR tertarik dan wawancara memberikan kesan yang baik. Untuk itu hindari 5 hal berikut ini!

Tidak Mempersiapkan Diri

Baca Juga: 4 Manfaat Riset Perusahaan Sebelum Melamar Pekerjaan, Jadi Lebih Siap!

Ilustrasi kebingungan. (pexels.com/Mikhail Nilov)
Ilustrasi kebingungan. (pexels.com/Mikhail Nilov)

Persiapan saat wawancara kerja penting untuk dilakukan. Persiapan ini tidak hanya berpusat pada pengetahuan yang dimiliki saja, tetapi persiapan lain seperti latihan berkomunikasi dengan recruiter.

Akan lebih baik bila kandidat menatap mata recruiter saat diajak berbicara, selain itu kandidat juga bisa menceritakan kemampuannya di luar dari yang ia tulis di CV. Jangan terlalu terpaku pada jawaban klise yang ada di internet, jadilah diri sendiri.

Terlalu Percaya Diri

Ya, kepercayaan diri memang diperlukan. Tetapi recruiter akan bosan mendengarkan cerita kandidat yang terlalu menyombongkan dirinya. Hal ini membuat recruiter merasa bahwa kandidat terlalu arogan.

Memakai Busana Yang Tidak Sesuai

Baca Juga: 3 Tips Menjawab Pertanyaan Seputar Hobi Saat Interview, Dijamin Lolos!

Penampilan menjadi salah satu hal yang diperhatikan saat wawancara kerja. Menyesuaikan busana yang dipakai dengan budaya perusahaan juga menjadi hal yang baik. Tidak terlalu mencolok namun tetap sopan.

Berbohong Mengenai Pengalaman

Hal ini bisa jadi fatal karena HR bisa saja melacak pengalamanmu dengan cara yang tak terduga. Beberapa perusahaan bahkan tak segan melalukan social media checking, hingga financial checking untuk kandidat mereka. Jadi bersikaplah jujur.

Tidak Menyiapkan Pertanyaan Balik

Ilustrasi wawancara kerja. (istockphoto.com)
Ilustrasi wawancara kerja. (istockphoto.com)

Di ujung wawancara, ada baiknya kandidat turut berpartisipasi dengan melontarkan pertanyaan balik kepada recruiter. Akan tetapi, jangan sampai melemparkan pertanyaan yang receh ataupun sepele. Coba tanyakan kepada recruiter mengenai hal apa saja tersedia dari perusahaan untuk menunjang pekerjaan yang dilamar.

Nah itu dia 5 hal yang sebaiknya dihindari saat wawancara kerja. Selamat berjuang!

Komentar