facebook

Mitos Ikan Duyung dari Berbagai Belahan Dunia, Benarkah Punya Air Mata Mutiara?

M. Reza Sulaiman | Fajar Ramadhan
Mitos Ikan Duyung dari Berbagai Belahan Dunia, Benarkah Punya Air Mata Mutiara?
ilustrasi putri duyung, ikan duyung. (Dok. Envato)

Mitos ikan duyung bisa ditemukan di berbagai belahan dunia. Bahkan salah satunya menyebut air mata ikan duyung bisa berubah menjadi mutiara.

Suara.com - Mitos ikan duyung bisa ditemukan di berbagai belahan dunia. Bahkan salah satunya menyebut air mata ikan duyung bisa berubah menjadi mutiara.

Belum lama ini juga viral sebuah video yang diambil oleh warga di Pantai Latuhalat, Kota Ambon menggambarkan ikan duyung yang sedang berenang. Sebelumnya juga sempat ada warga lain di Pantai Seilale, Ambon yang juga melihat makhluk yang satu ini.

Ikan duyung sendiri juga sering disamakan dengan dugong karena bentuknya yang mirip. Namun, keduanya memiliki perbedaan di mana dugong pada dasarnya termasuk jenis mamalia laut. Sedangkan duyung sendiri diidentifikasi sebagai bagian dari keluarga ikan.

Dalam beberapa mitos yang beredar, ikan duyung sendiri digambarkan dengan sosok yang mirip dengan manusia. Hanya saja, ikan duyung ini tidak memiliki kaki tetapi ekor. Mitos mengenai ikan duyung ini rupanya juga berbeda-beda di berbagai negara.

Baca Juga: Viral Warga Rekam Makhluk Lautan, Apakah Ikan Duyung Benar Ada di Dunia Nyata?

ilustrasi putri duyung, ikan duyung. (Dok. Envato)
ilustrasi putri duyung, ikan duyung. (Dok. Envato)

Melansir laman Scuba, berikut beberapa mitos yang beredar mengenai duyung.

Mitos dari jaman dahulu

Diketahui, kisah mengenai ikan duyung ini berawal dari sebuah peradaban kuno yang saat ini menjadi negara Irak. Peradaban kuno ini dikenal dengan nama Asyur sekitar abad 1000 SM.

Berdasarkan kisah yang beredar, ikan duyung merupakan seorang Dewi Atargatis (dewi mitologi orang Het) yang jatuh cinta dengan penggembala. Namun, duyung tersebut tidak sengaja membunuh penggembala tersebut.

Sebab merasa malu, Dewi tersebut akhirnya melemparkan diri ke danau dan berharap menjadi ikan selamanya. Namun, karena kecantikannya masih nampak, akhirnya ia mengambil ekor ikan dan menggabungkannya dengan tubuh manusia miliknya.

Baca Juga: Geger! Diduga Penampakan Putri Duyung di Perairan Pantai Latuhalat Ambon

Sementara itu dalam cerita Yunani Kuno duyung berawal dari saudara Alexander Agung yang berubah setelah kematiannya. Sementara arwahnya diceritakan menetap di Laut Aegea

Komentar