facebook

Viral Warga Rekam Makhluk Lautan, Apakah Ikan Duyung Benar Ada di Dunia Nyata?

Farah Nabilla
Viral Warga Rekam Makhluk Lautan, Apakah Ikan Duyung Benar Ada di Dunia Nyata?
Ilustrasi ekor ikan duyung. (Pixabay/Annete Batista Day)

Keberadaan sebuah fenomena fauna yang sering disebut ikan duyung sedang hangat dibicarakan.

Suara.com - Baru baru ini, sebuah video yang diambil oleh warga di Pantai Latuhalat, Kota Ambon menghebohkan warganet. Pasalnya, di dalam video tersebut, terlihat sebuah buntut dari fenomena fauna yang sering disebut ikan duyung yang berenang menuju tepi pantai, namun akhirnya hilang diseret ombak. Benarkah ikan duyung itu ada?

Dari pengakuan warga sekitar, penampakan ikan duyung atau disebut juga putri duyung ini bukan yang pertama kalinya terjadi di Kota Ambon.

Sebelumnya, fenomena yang sama juga sempat dilihat warga di Pantai Seilale, Ambon beberapa waktu yang lalu. Dari video rekaman tersebut, tampak banyak suara warga yang ikut menyaksikan adanya penampakan tersebut dan mengabadikan fenomena yang jarang terjadi itu.

Berbagai konspirasi pun muncul, ada yang mengaitkannya dengan alam gaib, ada juga yang meramalkan bahwa fenomena tersebut muncul untuk memberi tahu orang orang tentang sesuatu.

Baca Juga: Geger! Diduga Penampakan Putri Duyung di Perairan Pantai Latuhalat Ambon

Namun, apa sebenarnya ikan duyung tersebut? Apakah keberadaan ikan duyung memang ada di dunia nyata?

Menurut Prof Dr Ir Ibnu Maryanto, seorang profesor peneliti di Pusat Penelitian LIPI-BRIN, ia mengungkap bahwa sebenarnya fenomena yang sering disebut ikan duyung atau putri duyung tersebut hanyalah sebuah nama kiasan belaka dan merupakan nama dari makhluk mitologi sejak zaman Yunani.

Hal ini diungkapnya sebagai salah satu cara masyarakat untuk menyampaikan suatu makna dibaliknya. Kendati demikian, Prof Dr Ir Ibnu juga tidak menyangkal bahwa ikan duyung memang ada di dunia nyata.

Secara teori, ikan duyung ini adalah hewan dugong yang secara fisiologis mirip dengan makhluk mitologi ini.

Dugong atau dalam bahasa latinnya bernama dugong dugon merupakan mamalia yang hidup di perairan lepas. Walau sering disebut sebagai "ikan duyung", nyatanya dugong bukanlah jenis ikan, melainkan berasal dari ordo sapi laut.

Baca Juga: Sinopsis Film Aquamarine: Kisah Persahabatan Bersama Duyung

Kehidupan dugong ini memang identik dengan kehidupan bawah laut yang dalam, sehingga mitologi kuno soal "putri duyung" yang muncul dari dalam perairan merupakan ciri-ciri dari dugong ini sendiri. Tak jarang, muncul banyak persepsi di masyarakat yang menganggap dugong adalah seorang manusia di masa lampau yang dikutuk menjadi ikan duyung.

Komentar