facebook

7 Cara Hilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami Dijamin Ampuh

Arendya Nariswari
7 Cara Hilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami Dijamin Ampuh
Photo by ShotPot: https://www.pexels.com/photo/woman-in-white-sweater-holding-a-transparent-cellphone-case-on-face-6338389/

Mengobati bekas jerawat? Gunakan bahan alami berikut!

Suara.com - Bekas jerawat sebenarnya merupakan bagian dari proses penyembuhan permasalahan kulit wajah satu ini. Namun, menghilangkan bekas jerawat kadang justru memakan waktu lebih banyak dibandingkan saat menghilangkan jerawat itu sendiri.

Untungnya, Anda dapat melakukan beberapa perawatan berikut untuk mempercepat proses tersebut. Tenang, cukup gunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat.

Dilansir dari laman Healthline dan Lybrate, berikut 7 bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat

1. Minyak Habbatussauda

Baca Juga: Sama-sama Terobsesi dengan Perawatan Kulit, Kim Kardashian dan Pete Davidson Sampai Suntik Jerawat Bareng

Habbatussauda atau minyak biji hitam merupakan tanaman yang terkenal di Asia Barat, Timur Tengah, dan Eropa Timur. Selain memiliki sifat antibakteri dan anti virus, habbatussauda juga bersifat anti-inflamasi. Jadi, selain dapat menghilangkan noda bekas jerawat, bahan alami ini juga dapat meratakan pigmentasi kulit hingga mencegah jerawat muncul kembali.

2. Minyak Biji Rosehip

Bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah minyak biji rosehip. Jenis minyak ini memang sudah dikenal untuk solusi masalah wajah terutama penuaan. Cara penggunaannya cukup dioleskan dua kali sehari di daerah bekas jerawat untuk mengobatinya sekaligus mempercepat perubahan warna kulit supaya sama dengan bagian lain.

3. Madu

Tidak perlu repot-repot mencari obat untuk dibeli, gunakan madu yang ada pada rak penyimpanan untuk mengusir bekas jerawat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu sangat efektif untuk mempercepat penyembuhan luka, termasuk bekas jerawat. Mengoleskan madu pada wajah dapat membersihkan bakteri yang ada karena bahan ini mengandung sifat anti bakteri. Kandungan ini juga dapat melawan infeksi yang dapat menyebabkan lebih banyak jerawat.

Baca Juga: 3 Penyebab Jerawat yang Jarang Disadari

4. Lidah Buaya

Seperti halnya madu, lidah buaya juga merupakan bahan alami yang kerap dijadikan sebagai obat rumahan. Dengan mengoleskan langsung lidah buaya pada bekas jerawat, dipercaya dapat mengurangi peradangan sekaligus mempercepat hilangnya jaringan parut. Selain membeli, Anda juga dapat menanam sendiri lidah buaya di rumah.

5. Jus Lemon

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, sudah banyak yang merasakan perubahan cepat pada pengobatan bekas jerawat dengan jus lemon. Jus lemon akan membantu mengurangi perubahan warna dan mempercepat proses perataan warna kulit. Perlu diingat bahwa jus lemon sangatlah asam, sehingga cukup oleskan beberapa tetes pada bekas jerawat.

6. Putih Telur

Bagian putih telur dipercaya dapat mendorong peremajaan kulit supaya lebih cepat dan secara efektif mengobati bekas jerawat berkat kandungan protein dan asam amino. Caranya, cukup kocok putih telur dan oleskan pada area bekas jerawat. Biarkan mengering lalu bilas dengan air hangat dan lakukan selama dua sampai tiga minggu

7. Irisan kentang

Bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah irisan kentang. Cukup iris tipis kentang lalu oleskan permukaannya ke area wajah dan biarkan menempel kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat dan lakukan pengulangan beberapa hari ke depan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar