facebook

6 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah, Pakai Bahan Alami Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa
6 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah, Pakai Bahan Alami Ini
Ilustrasi Wajah Bruntusan. (Pixabay// Kjerstin Michaela Noomi)

Tak perlu repot-repot cari ke sana ke mari. Gunakan rekomendasi bahan alami ini untuk menghilangkan bruntusan di wajah.

Suara.com - Bruntusan merupakan salah satu permasalahan wajah yang paling menyebalkan selain jerawat dan komedo membandel. Ukurannya yang kecil tapi banyak seringkali membuat rasa percaya diri berkurang. Bagaimana cara menghilangkan bruntusan di wajah kita?

Untung saja, ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengurangi, bahkan menghilangkan bruntusan. Anda pun bisa menggunakan bahan alami yang dapat dengan mudah ditemukan di rumah.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Ilustrasi wajah berjerawat (Pexels/ShotPot)
Ilustrasi wajah berjerawat (Pexels/ShotPot)

Es batu

Baca Juga: 7 Cara Hilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami Dijamin Ampuh

Sebelum bruntusan bertambah parah dan menimbulkan radang, segera sembuhkan dengan es batu, terutama di area yang merah dan bengkak.

Caranya, bungkus es batu dengan kain tipis untuk dijadikan kompres dingin. Setelah itu, tempelkan pada area bruntusan selama satu menit dan ulangi 1 sampai 2 kali sehari.

Madu Murni

Madu memang sudah dikenal kaya manfaat, termasuk membantu mempercepat hilangnya bruntusan. Kandungan antibiotik pada madu murni dipercaya dapat mencegah infeksi penyebab jerawat.

Cara penggunaannya pun mudah. Cukup oleskan pada area bruntusan dan tunggu sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Bintik Merah di Kulit Terasa Perih dan Mengeluarkan Nanah, Apa Penyebabnya?

Putih Telur

Kandungan enzim lisozim pada putih telur diketahui cukup ampuh dalam memusnahkan bakteri penyebab jerawat dan meredakan bruntusan. Selain itu, putih telur dapat mengangkat debu dan sel kulit mati sehingga membuat wajah tampak lebih muda.

Cara menghilangkan bruntusan di wajah menggenakan bahan putih telur juga terbilang mudah. Cukup oleskan kocokan putih telur pada area bruntusan, biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

gel lidah buaya (pixabay/mozo190)
gel lidah buaya (pixabay/mozo190)

Lidah Buaya

Bahan alami untuk mengobati bruntusan selanjutnya adalah lidah buaya. Kandungan vitamin C, E, mineral, hingga antioksidan di dalamnya dapat dijadikan skincare alami.

Selain dapat membuatnya sendiri dengan mengolah gel atau daging lidah buaya menjadi masker, saat ini juga sudah tersedia apotek yang menjual gel lidah buaya.

Teh Hijau

Selain jadi minuman nikmat dan baik untuk kesehatan, teh hijau rupanya juga bermanfaat menjaga kulit wajah dari bruntusan. Kandungan antioksidan di dalamnya bahkan dipercaya dapat mempercepat proses menghilangkan bruntusan dalam semalam.

Jeruk Nipis

Kandungan senyawa Alpha Hydroxy Acid (AHA) di dalam jeruk nipis dipercaya dapat menghilangkan bruntusan. Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan bahan ini pun mudah.

Cukup peras jeruk nipis dengan saringan, lalu oleskan pada area wajah yang membutuhkan. Diamkan lapisan tersebut kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar