facebook

Mengenal Deretan Tokoh Betawi yang Jadi Nama Jalan Baru di Jakarta (Bagian 2)

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Mengenal Deretan Tokoh Betawi yang Jadi Nama Jalan Baru di Jakarta (Bagian 2)
Plang nama Jalan H. Bokir bin Djiun terpajang di kawasan Taman Mini, Jakarta Timur, Selasa (21/6/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Sebanyak 22 nama jalan di Jakarta, resmi diubah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjadi nama-nama dari para tokoh penting dalam budaya Betawi pada 20 Juni 2022.

Suara.com - Beberapa waktu lalu Jakarta baru saja berulang tahun ke-495. Agar lebih istimewa, pada perayaan kali ini, Gubernur Anies Baswedan mengubah 22 nama jalan di Jakarta, menjadi nama berbagai tokoh Betawi yang dinilai berkontribusi untuk Indonesia.

"Dengan mengucap bismillahirrohmannirrohim, pada Senin, 20 Juni 2022, penetapan nama jalan itu zona dengan nama tokoh Betawi dan nama tokoh asal Jakarta di Provinsi DKI Jakarta secara resmi ditetapkan," kata Anies di Jakarta Selatan.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai nama-nama jalan baru tersebut, berikut ini profil tokoh yang namanya dijadikan di berbagai jalan di Ibukota, yang berhasil dirangkum suara.com, Sabtu (2/7/2022).

1. Jalan A. Hamid Arief (sebelumnya Jalan Tanah Tinggi 1 gang 5)

Baca Juga: Mengenal Deretan Tokoh Betawi yang Jadi Nama Jalan Baru di Jakarta (Bagian 1)

Tokoh satu ini adalah seorang aktor yang ketenarannya pada masa lampau setara dengan Reza Rahadian. Abdul Hamid Arief mampu menyelami semua peran, baik film drama, aksi, maupun komedi.

Tahun 1950-an adalah masa kejawaan Hamid, karena selain aktingnya memikat ia juga memiliki suara yang merdu. Pada masa melawan penjajahan Jepang dan Belanda, ia berjuang lewat kesenian, bahkan tentara maupun polisi dibuat terkesima olehnya.

2. Jalan H. Imam Sapi'ie (sebelumnya Jalan Senen Raya)

Tokoh satu ini sangat akrab dengan masyarakat betawi. Ia punya nama sapaan Bang Pi'ie, dikenal sebagai jagoan alias jawara Betawi. Ia lahir di Kampung Bangka, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada 27 Agustus 1918.

Bahkan saking tersohornya, ia juga pernah mengisi Kabinet Seratus Menteri era pemerintahan Presiden Soekarno, sebagai Menteri Urusan Keamanan Rakyat.

Baca Juga: Cuma Butuh Setengah Jam, Alamat Rumahnya Sudah Berganti, Warga Lansia: RW yang Jemput Bola

3. Jalan Abdullah Ali (sebelumnya Jalan SMP 76)

Komentar