facebook

Apa Saja Beda Daging Sapi dan Kambing? Simak 3 Cara Mudah Melihatnya

Rifan Aditya
Apa Saja Beda Daging Sapi dan Kambing? Simak 3 Cara Mudah Melihatnya
beda daging sapi dan kambing - Ilustrasi daging. (Pixabay/ann1992)

Lalu apa beda daging sapi dan kambing?

Suara.com - Idul Adha 2022 yang  identik dengan berkurban membuat banyak orang bersemangat menyambutnya. Umumnya, hewan yang dikurbankan di Indonesia adalah sapi dan kambing. Lalu apa beda daging sapi dan kambing?

Merangkum berbagai sumber, ada 3 cara paling mudah untuk membedakan daging sapi dan kambing ini. Mulai dari warna hingga serat, mari kita simak penjelasan beda daging sapi dan kambing di bawah ini.

Beda Daging Sapi dan Kambing

  • Warna Daging 

Untuk daging sapi warnanya adalah merah cenderung pucat dan jika dibiarkan dalam suhu ruang, lama-kelamaan daging sapi akan berwarna kecokelatan lalu menghitam.

Baca Juga: Lupa Baca Saat Malam, Bolehkah Niat Puasa Arafah di Pagi Hari?

Sedangkan daging kambing warnanya merah lebih terang dan segar dengan serat yang lebih kasar dari daging sapi. Jika dibiarkan dalam suhu ruang, daging kambing perlahan menjadi pucat dan keunguan.

  • Rasa Daging

Daging memiliki cita rasa gurih namun tak sekuat daging kambing. Bu khas daging kambing juga memegang peranan penting dalam cita rasa ini. Daging kambing memiliki bau khas yang kuat atau perengus sedang daging sapi tidak.

Jika dibandingkan daging kambing, tekstur daging sapi lebih halus saat belum dimasak. Daging kambing mentah terasa lunak sementara daging sapi kenyal, namun jika diolah dengan cara masak yang tak tepat, daging kambing bisa lebih alot dari daging sapi.

  • Kandungan Nutrisi

Dalam 100 gram daging kambing yang telah dimasak, mengandung 75 mg kolesterol, sementara dalam 100 gram daging sapi bisa mengandung kolesterol hingga 90 mg.

Lemak daging kambing juga lebih sedikit dibandingkan daging sapi. Dalam 100 gram daging kambing mengandung 3 gram lemak, sementara daging sapi bisa memiliki hingga 15 gram lemak dalam tiap 100 gramnya.

Baca Juga: 25 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 2022 Islami, Siap Dibagikan saat Lebaran Haji

Daging kambing ternyata memiliki jumlah kalium, vitamin B, zat besi, dan magnesium yang lebih tinggi dari daging sapi. Meski begitu, kita tak boleh menkonsumsi keduanya secara berlebihan.

Komentar