facebook

Merek Lokal Ini Buat Sepatu Bola dari Kulit Kanguru, Apa Keunggulannya?

Bimo Aria Fundrika
Merek Lokal Ini Buat Sepatu Bola dari Kulit Kanguru, Apa Keunggulannya?
Merek Lokal Ini Buat Sepatu Bola dari Kulit Kanguru, Apa Keunggulannya? (Dok: Istimewa)

Lantas, apa sebenarnya keunggulan penggunaan kulit kanguru untuk sepatu?

Suara.com - Produk lokal buatan Tanah Air kian hari semakin berkembang. Bahkan, secara kualitas juga tidak kalah saing dengan buatan merek dunia.

Salah satunya ialah Ortuseight yang meluncurkan Catalyst Meister sepatu bola pertama dengan material full kangaroo leather. Lantas, apa sebenarnya keunggulan penggunaan kulit kanguru untuk sepatu?

Dikutip dari keterangannya, Rabu, (6/7/2022), Product Development Manager Ortuseight, Teguh Sarwoko, menjabarkan, begitu banyak pemain profesional yang lebih menyukai kulit kangguru daripada kulit sintetis, terbukti dari banyaknya pemain top yang disponsori oleh merek besar melakukan kolaborasi ketika sepatu yang diusung menggunakan bahan tersebut.

Diketahui pula bahwa bahan utama baju balap contohnya, banyak menggunakan material kangaroo leather. Produsen racing suit unggulan menggunakan material utama K-Lea (Kangaroo Leather) karena kekuatan, elastisitas dan tekstur kulit kanguru yang memiliki kekuatan tinggi namun fleksibel, hal ini dinilai lebih memudahkan para desainer untuk membuat pola baju balap.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Melissa The Real Jelly Concept Pop-Up Store Resmi Dibuka

Merek Lokal Ini Buat Sepatu Bola dari Kulit Kanguru, Apa Keunggulannya? (Dok: Istimewa)
Merek Lokal Ini Buat Sepatu Bola dari Kulit Kanguru, Apa Keunggulannya? (Dok: Istimewa)

Bahan baku ini juga tidak mudah robek karena pada irisan tertipisnya masih memiliki kelenturan dan kekuatan hingga 60% dibanding kulit sapi yang mencapai 4 persen.

“Namun dengan segala kelebihannya, material K-Lea yang tersertifikasi juga kami pertimbangkan berulang kali karena harganya sangat tinggi dipasaran,” jelas Teguh Sarwoko.

Catalyst Meister dicoba pertama kali oleh Rizky Ridho Ramadhani yang bermain impresif selama event AFF 2020 di Singapura pada posisi bek tengah. Atlet kelahiran Surabaya, 21 November 2001 dengan tinggi 183 cm ini menuturkan bahwa sepatu terasa sangat nyaman dan tidak membutuhkan waktu lama untuk penyesuaian.

"Sebelumnya (sepatu lain) butuh penyesuaian normal seperti sepatu-sepatu baru pada umumnya, kalau yang ini langsung saya pakai tidak masalah,” ujar Rizky Ridho.

Baca Juga: Berawal dari Tergores Pinggiran Tangga, Kulit Kaki Wanita Ini Malah Berakhir Mengenaskan, Kok Bisa?

Komentar