facebook

10 Tanda Anda Harus Mulai Evaluasi Hubungan dengan Pasangan

Risna Halidi
10 Tanda Anda Harus Mulai Evaluasi Hubungan dengan Pasangan
Ilustrasi pasangan (Freepik.com/tirachardz)

Terkadang duduk dan berbicara dengan pasangan Anda dapat membantu memahami di mana posisi Anda dan pasangan dalam hubungan.

Suara.com - Mungkin ini saatnya Anda mulai evaluasi hubungan Anda dengan pasangan. Hal yang perlu diingat adalah, hubungan jangka panjang kerap menghadapi situasi di mana Anda dan pasangan perlu mengambil perubahan untuk menciptakan ruang.

Ruang yang dimaksud adalah ruang yanga aman di mana pasangan bisa berkembang, belajar, dan tumbuh sebagai individu yang lebih baik. Hal ini tentu membutuhkan komunikasi yang jelas dan perspektif masing-masing tentang hubungan.

Terkadang duduk dan berbicara dengan pasangan Anda dapat membantu memahami di mana posisi Anda dan pasangan dalam hubungan, serta perubahan apa yang harus dimulai untuk menjaga hubungan tetap sehat.

Dikutip dari Hindustan Times, Selasa (5/7) seorang psikoterapis bernama Sara Kuburic membagikan daftar 10 tanda yang mencerminkan bahwa mungkin sudah waktunya Anda dan pasangan mengevaluasi kembali hubungan. 10 tanda-tanda tersebut adalah;

Baca Juga: 5 Cara Menjalin Hubungan Harmonis dengan Mertua, Pernah Mencoba yang Mana?

Ilustrasi pasangan (Pexels)
Ilustrasi pasangan (Pexels)

1. Tak Selalu Bersama
Kebahagiaan tidak selalu berarti melakukan sesuatu bersama-sama. Terkadang yang dicari dari kebersamaan hanya rasa damai dan memiliki pikiran tenang saat bersama pasangan.

Jika pertengkaran dan rasa khawatir lebih dominan dibanding masa-masa indah bersama, mungkin ini saatnya untuk duduk dan membicarakan hal tersebut.

2. Tak Saling Mendukung
Dalam hubungan, pasangan saling mendukung dan memahami satu sama lain adalah hal yang wajar. Jika itu tak lagi terjadi, mungkin sudah waktunya untuk membawa beberapa perubahan dalam hubungan.

3. Tidak Ada Ruang
Ruang sendiri sangat penting untuk dapat merangkul individualitas masing-masing. Jika hubungan tidak memberi Anda ruang, inilah saatnya untuk mengevaluasi kembali hubungan.

4. Tak Ingin Bersama
Jika Anda tidak ingin menghabiskan waktu bersama pasangan dan berusaha menghindarinya, ini adalah pertanda besar.

Baca Juga: 3 Cara Menjaga Rasa Cinta Bersama Pasangan, Kamu Sudah Menerapkannya?

5. Tidak Apa Adanya
Jika pasangan tidak menghormati atau menghargai Anda apa adanya, inilah saatnya untuk memikirkan dan mengatasi masalah dalam hubungan.

Komentar