Bikin Ketagihan! Ini 7 Rekomendasi Makanan Khas Taiwan, Mulai dari Susu Goreng hingga Mie Sapi

Arendya Nariswari
Bikin Ketagihan! Ini 7 Rekomendasi Makanan Khas Taiwan, Mulai dari Susu Goreng hingga Mie Sapi
Mi sapi khas Taiwan. (Suara/Arendya)

Mencicipi berbagai makanan khas Taiwan yang menggugah selera

Suara.com - Bukan hanya tempat wisatanya, Taiwan juga dikenal dengan kenikmatan wisata kulinernya. Mulai dari makanan berat, makanan ringan, dari yang berkuah sampai yang kering, semua bisa kamu temukan di sini.

Nah, jika kamu memiliki kesempatan jalan-jalan ke Taiwan, jangan lupa untuk mencicipi 7 makanan khas Taiwan, seperti berikut!

1. Telur Teh Nenek

Dengan proses pengolahan selama kurang lebih 6 jam, telur yang dimasak dengan beragam rempah ini akan kaya akan rasa yang meresap sempurna. Kamu bisa menemukan masakan khas Taiwan ini di kawasan Sun Moon Lake yang telah berjualan sejak 1949.

Baca Juga: Terang-terangan Mengaku Oplas, Evonne Hsieh Sebut Dirinya Alami Gejala Sisa

Telur Teh Nenek direbus hingga dua kali, sebelum rebusan kedua telur akan dipecah-pecah dan diolah dengan campuran rempah, teh, dan jamur shitake.

2. Mie Kuah Sapi

CItarasa Tionghoa yang kuat bisa kamu temukan pada olahan Taiwan satu ini. Gurihnya kuah rebusan daging sapi akan terasa sempurna dengan tambahan soy sauce. Bukan hanya itu saja, irisan daging sapi berwarna cokelat pun akan menggugah selera dengan teksturnya yang empuk.

3. Ayam Panggang Guanziling

Jika kamu jalan-jalan ke kawasan Siraya National Scenic Area, jangan lupa mencicipi ayam panggang Guanziling. Kulit ayam yang renyah akan terasa sempurna dengan daging ayam yang juicy.

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Terancam Terguncang Jika China dan Taiwan Perang, Ini Alasannya

Saat ini, banyak restoran yang mengembangkan olahan ayam panggang mulai dari jar-roasted chicken, teapot chicken, dan masih banyak lagi.

4. Sup kacang merah

Makanan khas Taiwan satu ini paling kerap disajikan saat musim dingin. Sup kacang merah yang juga disebut dengan hong dou tang ini merupakan sajian sederhana yang terbuat dari kacang merah dan gula batu.

Sebagai pelengkap dan juga berkuah kental, sup kacang merah juga dicampur dengan tapioka, 

5. Biandang

Bukan cuma Jepang, Taiwan juga memiliki bento yang disebut Biandang. Dalam satu porsi biandang biasanya dilengkapi dengan protein berupa daging ayam, ikan, atau babi. Selain daging, ada juga bermacam sayuran seperti kol dan kacang panjang.

Sebagai pengganti nasi,, biandang juga kerap disajikan dengan kentang.

6. Mutton Hot Pot

Daging kambing yang disajikan panas lengkap dengan hot pot-nya pasti akan menggugah selera layaknya mutton hot pot. banyak wisatawan berbondong-bondong ke distrik Gangshan, Taiwan hanya untuk mencicipi makanan ini.

Kamu bisa mencicipi mutton hot pot dengan bermacam kuah mulai dari pedas, gurih, atau sinesi.

7. Susu Goreng

Mencicipi street food memang menjadi salah satu kegiatan unik saat berlibur, tidak terkecuali di Thailand. Salah satu jajanan street food Taiwan yang terkenal adalah susu goreng atau fried milk. Makanan satu ini terbuat dari susu yang dikentalkan untuk kemudian digoreng.

Rasa lembut susu masih bisa terasa ketika kamu menggigit kulit susu goreng yang cukup gurih. Aromanya pun tidak kalah menggugah selera.

8. Lu Rou Fan

Jika kamu pecinta olahan babi, jangan sampai melewatkan Lu Rou an atau nasi semur babi ketika berwisata di Taiwan. Potongan daging sapi yang dimasak dengan dengan rendaman kecap ini akan terasa sempurna dengan nasi putih hangat serta telur rebus.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri