7 Rekomendasi Kuliner Lokal Nusantara untuk Sambut Bulan Kemerdekaan

Vania Rossa
7 Rekomendasi Kuliner Lokal Nusantara untuk Sambut Bulan Kemerdekaan
Ilustrasi pempek, salah satu kuliner lokal nusantara. (Pexels.com/ Jamaludin Muh)

Mana yang jadi favoritmu di antara tujuh kuliner lokal Nusantara ini?

Suara.com - Di bulan Agustus, kita akan merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-77. Menyambut momen spesial ini, kita sebagai masyarakat Indonesia terbiasa untuk merayakannya dengan berbagai kegiatan yang mengasah rasa cinta pada tanah air. Salah satunya dengan mencicipi berbagai kuliner lokal Nusantara.

Kabar baiknya, kuliner lokal Nusantara kini semakin mudah kita temui tanpa harus pergi ke daerah asalnya. Lewat ecommerce, misalnya, kita bisa menemukan ratusan bahkan ribuan usaha kuliner lokal.

Mengusung semangat hari kemerdekaan tahun ini, ShopeeFood meluncurkan kampanye Festival Kuliner Lokal 17.8 untuk mendukung pengusaha kuliner lokal sekaligus mendorong kebangkitan usaha kuliner tanah air, terutama di masa pasca pandemi.

Nah, untuk menemani kegiatan makan bersama dalam merayakan keseruan momen kemerdekaan ini, ShopeeFood memberi rekomendasi makanan nusantara yang bisa membuat kamu merasa sedang berwisata kuliner keliling Indonesia walau hanya dari rumah. Ini dia, mengutip siaran tertulis yang diterima Suara.com.

Baca Juga: Biking Ngiler, Ini 6 Inovasi Unik Kuliner Lokal dengan Bahan-bahan Tak Biasa

1. Bika Ambon

Siapa yang masih mengira jika kue basah berongga kuning ini berasal dari Kota Ambon? Meskipun ada kata Ambon dalam nama makanan ini, kue Bika Ambon ternyata berasal dari Kota Medan, Sumatra Utara, karena kue ini dijual pertama kali di simpang Jl. Ambon Sei Kera Medan.

Kue Bika Ambon ini sangat cocok jika dijadikan teman minum teh bersama keluarga tercinta sambil menonton film Indonesia favoritmu di bulan kemerdekaan ini.

2. Pempek

Apakah kamu salah satu penggemar olahan ikan khas Kota Palembang ini? Pempek, yang awalnya dikenal dengan nama kelesan, memang sudah menjadi salah satu kuliner lokal favorit masyarakat dari dulu hingga sekarang. Cita rasanya yang gurih serta dipadukan dengan asam, pedas, manisnya cuko dan segarnya potongan mentimun tentu membuat orang sulit untuk menolak kenikmatannya.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Malang Selain Bakso, Ada Rawon Dengkul Enak dan Murah

3. Asinan Betawi

Komentar