Terdengar Aneh, Tapi 9 Cara Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Arendya Nariswari
Terdengar Aneh, Tapi 9 Cara Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Lalu cara apa yang dimaksud agar tak lagi insomnia alias sulit tidur?

Suara.com - Kekinian tidak sedikit orang-orang yang mengalami permasalahan seperti sulit tidur alias insomnia.

Padahal, tidur cukup menjadi kunci tubuh lebih bugar dan sehat karena diklaim berpengaruh terhadap metabolisme seseorang.

Banyak hal disarankan oleh dokter dan pakar untuk mencegah seseorang mengalami insomnia atau kesulitan tidur.

Tapi siapa yang mengira, beberapa cara aneh disebut bisa membuat seseorang tidur lebih nyenyak dan terhindar dari insomnia.

Baca Juga: Mempercepat Mimpi Rakyat Miliki Rumah Layak Huni

Lalu cara apa saja yang harus dilakukan agar tak lagi insomnia?

Nah, untuk lebih lengkapnya, simak rangkuman dari situs kesehatan The Healthy, majakah Amerika Reader's Digest dan laman Hops.id----Jaringan Suara.com berikut ini.

1. Coba hangatkan kaki

Kaki yang dingin dapat mencegah otak mendapatkan sinyal bahwa sudah waktunya untuk tidur. Mengenakan kaus kaki di tempat tidur dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk tertidur.

"Mengenakan kaus kaki seperti melebarkan pembuluh darah. Menghangatkan kaki Anda memperlebar pembuluh darah Anda, yang mengirimkan sinyal ke otak Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur," kata pakar obat tidur Dr. Joseph Krainin,

Baca Juga: Semakin Meresahkan, Wulan Guritno Pamer Potret Seksi Bangun Tidur di Atas Kasur

2. Coba untuk tetap terjaga

Jika ingin tertidur lebih cepat di tempat tidur, kamu harus memikirkan untuk terus terjaga. Memikirkan untuk terus terjaga daripada khawatir akan tertidur dapat mengurangi kecemasan dan melepaskan ketegangan sehingga kamu dapat lebih mudah tertidur.

Ini adalah teknik yang berasal dari niat paradoks dan termasuk dalam jenis terapi perilaku kognitif.

3. Bermain gelembung

Bermain membuat gelembung sabun dengan meniup melalui mulut mengaktifkan mekanisme yang mirip dengan pernapasan dalam dan pernapasan meditasi.

Gelembung sabun juga memiliki efek mengubah pikiran khawatir menjadi pikiran yang lebih ringan. Bermain dengan gelembung sabun mengingatkan saya pada kegembiraan masa kanak-kanak dan merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Ini adalah semacam terapi relaksasi.

4. Minum teh pisang

Magnesium adalah mineral yang memiliki banyak fungsi, seperti membantu tubuh rileks. Pisang mengandung magnesium yang tinggi.

Berikut resep teh pisang yang dikembangkan oleh Dr. Michael Breuss, yaitu: cuci pisang organik, potong menjadi dua, masukkan pisang sekaligus kulitnya ke dalam panci, rebus dalam air panas selama 3 hingga 4 menit. Lalu, tambahkan sedikit madu.

Minum teh pisang dapat membantu mengontrol gula darah di malam hari.

5. Terapi membatasi jumlah tidur

Terapi restriksi tidur sebenarnya adalah terapi perilaku yang membatasi jumlah waktu tidur hingga jumlah jam tidur per hari. Hal ini dapat membuatmu kurang tidur pada awalnya, tetapi ini membantu tertidur lebih awal.

Dr. Damon Raskin, seorang spesialis obat tidur, mengatakan jika kamu tidur lebih awal, kamu akan merasa lebih percaya diri dan dapat meringankan insomnia dan mengembalikan waktu tidur normal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa terapi pembatasan tidur efektif untuk insomnia, tetapi mungkin diperlukan beberapa minggu untuk mencapai hasil yang positif. Bersikaplah tegas dengan waktu yang kamu habiskan di tempat tidur.

6. Mencoba pola 4-7-8 sewaktu bernapas

Ini adalah teknik yang diajarkan oleh konsultan hipnotis Harley Sears ketika klien menemukan cara untuk tertidur. Hanya butuh tiga langkah.

Pertama, tarik napas dalam-dalam melalui hidung selama 4 detik. Kemudian tahan napas selama 7 detik. Kemudian hembuskan napas melalui mulut selama 8 detik. Ulangi proses '4-7-8 pernapasan' ini empat kali.

7. Body scan meditasi

Diketahui body scan', salah satu jenis meditasi, adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan kualitas tidur.

Body scan adalah teknik untuk mencapai ketenangan pikiran dan tubuh dengan menggunakan sistem saraf parasimpatis. Ini adalah konsep mengembalikan tubuh ke kondisi yang konsisten dan nyaman dengan secara sadar mengenali satu bagian tubuh pada satu waktu.

Tutup matamu, perhatikan gerakan alami napasmu, lalu istirahatlah sejenak. Kemudian, sadari sensasi di atas kepala, di wajah, di kulit kepala, dan di leher.

Selanjutnya, perhatikan bahu, lengan, dan tangan kanan. Ulangi hal yang sama untuk kiri. Kemudian perhatikan dada bagian atas, perut, punggung atas, punggung tengah, dan punggung bawah dalam urutan itu.

8. Minum susu hangat

Minum susu hangat dengan pala, obat penenang alami yang kaya antioksidan, akan membantu kamu tertidur. Dianjurkan untuk minum susu hangat tiga jam setelah makan terakhirmu.

Resepnya adalah sebagai berikut, yaitu: Tuangkan 2 cangkir susu organik dalam panci di atas api sedang; 4-6 batang kunyit dihaluskan; 4-6 polong kapulaga hijau, dicincang; Tambahkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit; 1/2 sendok teh kayu manis; sedikit jahe; dan sedikit pala ke dalam susu.

Saat susu mulai mendidih, kecilkan api sedikit dan aduk terus. Jika ingin lebih manis, campurkan 2-4 sendok teh gula organik dan biarkan agak dingin sebelum diminum.

9. Menggunakan selimut yang tebal

Membungkus bayi dengan selimut dapat membantu bayi tertidur dengan meniru keamanan dan kenyamanan rahim.

Demikian juga orang dewasa dapat dengan mudah tertidur dengan menutupinya dengan selimut yang nyaman dan menciptakan suasana yang menenangkan di kamar tidur.

Penelitian telah menunjukkan bahwa selimut tebal dapat membantu orang yang menderita insomnia. Ketika selimut tebal menyentuh bagian tubuh tertentu dan merangsangnya, otak melepaskan serotonin, yang mengatur tidur, dan mendorong untuk tidur.