Bertabur Lumpur, Balenciaga Tampilkan Konsep Unik di Paris Fashion Show 2022

Arendya Nariswari | Rafidah Raihany
Bertabur Lumpur, Balenciaga Tampilkan Konsep Unik di Paris Fashion Show 2022
Kanye West di runway Balenciaga (instagram/kanyewest)

Para model menampilkan koleksi busana di atas runway berlumpur. Penampilan ini pun menuai pro dan kontra di kalangan publik.

Suara.com - Rumah mode kelas atas, Balenciaga baru-baru ini mengejutkan publik setelah menggelar pertunjukan tak biasa saat memamerkan koleksi Summer 2023 mereka. Dalam acara yang masih berkaitan dengan Paris Fashion Week 2022 tersebut, Balenciaga menampilkan hal eksentrik bukan pada desain mereka melainkan panggung pertunjukannya.

Merek mewah tersebut membiarkan para model mereka berjalan di runway penuh lumpur sembari mengenakan koleksi mereka yang didominasi warna hitam. Konsep ini sempat membuat publik kebingungan pasalnya bagian bawah baju yang dikenakan tentu saja berubah kotor.

Beberapa unggahan dari pertunjukkan ini juga memperlihatkan influencer ternama seperti Kanye West dan juga Bella Hadid yang juga berperan sebagai model. Musisi kontroversional tersebut percaya diri melintasi genangan air dengan outfit rompi, hoodie, celana kargo, dan juga topi baseball.

Ketika beberapa foto dan video pertunjukkan ini diunggah melalui akun media sosial resmi Balenciaga, pro dan kontra pun muncul. Tidak sedikit yang menyebut konsepnya sebagai sebuah eksperimen yang salah.

Baca Juga: Siapa Tamara Dai, Rekan Ariel Tatum yang Ikut Catwalk di Paris Fashion Week? Ini Biodata dan Profilnya

"Balenciaga memiliki peragaan busana lumpur, aku tau baunya pasti gila-gilaan di sana," celetuk seorang warganet.

"Koleksi musim panas yang justru terlihat seperti koleksi musim dingin," komentar lainnya.

Namun, tidak sedikit yang memberikan pujian atas ide ini. Mereka menyebut bahwa fashion show ini seolah mengangkat soal peperangan.

"Pertunjukkan yang luar biasa, begitu banyak yang bisa diekspos tentang perang, rasa sakit, melarikan diri dan bertahan," puji salah satu warganet.

"Balenciaga menujukkan pada kita mengenai kemanusiaan dan dukungan keharmonisan," tambah lainnya.

Baca Juga: Aespa Hadir di Paris Fashion Week dengan Outfit Serba Givenchy, Harga Gaun Karina Bisa Buat Beli Mobil

Sementara itu Denma, direktur kreatif Balenciaga menjelaskan bahwa pertujukkan ini memiliki makna mendalam.

"Fashion seharusnya tidak membutuhkan cerita untuk dijual. Aku tidak lagi menjelaskan koleksiku dan mengungkapkan desainnya secara verbal. Fashion adalah seni visual dan yang dibutuhkan hanyalah agar itu terlihat oleh orang-orang," ungkapnya seperti dilansir dari NDTV.