Semua Masjid di Jakarta Diminta Setor 50 Persen Infak Jumat ke Ormas untuk Bantu Cianjur, Apa Beda Infak dan Sedekah?

Dinda Rachmawati
Semua Masjid di Jakarta Diminta Setor 50 Persen Infak Jumat ke Ormas untuk Bantu Cianjur, Apa Beda Infak dan Sedekah?
Kotak infak Masjid Nurul Iman Tanjungpinang yang dibobol maling.[Batamnews]

Ketua MUI DKI Jakarta, Munahar Muchtar mengatakan ini adalah ide dari gabungan seluruh ormas yang ada di DKI Jakarta, agar bisa menyalurkan donasi secara bersama-sama.

Suara.com - Rencana Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta yang meminta masjid-masjid di Jakarta untuk menyalurkan setengah infak Jumat pada sejumlah Organisasi Masyarakat atau Ormas Islam untuk membantu para korban bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat menjadi sorotan. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua MUI DKI Jakarta, Munahar Muchtar. Menurutnya, ini adalah ide dari gabungan seluruh ormas yang ada di DKI Jakarta, agar bisa menyalurkan donasi secara bersama-sama. 

"Ada ide dari kawan-kawan untuk donasi (gempa) Cianjur, gabungan seluruh ormas yang ada di DKI Jakarta, semua ormas dari DMI, NU, Muhammadiyah, semua lah. Jadi menggabungkan donasi-donasi agar supaya dikumpulkan bersama," ujar Munahar.

Ia menyebut rencana ini sudah disampaikan dan disetujui oleh Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Nantinya, akan dibagikan surat imbauan kepada masjid-masjid di Jakarta untuk menyetorkan 50 persen infaknya ke rekening perwakilan Ormas.

Baca Juga: Babak Baru Pernyataan Ridwan Kamil Soal Dana Rp 1 Triliun untuk Nahdlatul Ulama Jawa Barat: BPK dan KPK Diminta Turun Tangan

"Kami mengimbau kepada seluruh masjid-masjid yang ada di DKI Jakarta dalam dua jumat ini akan diupayakan untuk bisa menyisihkan 50 persen dari kotak amal untuk Cianjur. Itu maklumatnya sudah kami keluarkan, satu pintu, ada rekeningnya," tutur Munahar.

Memahami rencana tersebut lebih dalam, ternyata masih banyak umat muslim yang masih bingung dengan perbedaan infak dan sedekah. Nah, berikut ini penjelasannya.

Ilustrasi berbagi (Pexels.com)
Ilustrasi berbagi (Pexels.com)

1. Pengertian Infak

Infak berasal dari kata dalam bahasa Arab, anfaqa-yunfiqu-infaqan yang artinya mendermakan.

Menurut UU No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, infak adalah harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kepentingan umum.

Baca Juga: Mahfud MD Bakal Pangkas 50 Persen Infak Masjid Buat Negara, Benarkah?

Infak diantaranya adalah infak kepada fakir miskin sesama muslim, infak untuk bencana alam dan lainnya. Infak juga dikeluarkan oleh setiap orang yang beriman, baik yang berpenghasilan tinggi maupun rendah, baik di saat ia lapang maupun sempit. 

Sementara Munfiq adalah orang-orang yang mengeluarkan infak yang diperuntukkan pada hal-hal yang berada di jalan Allah SWT.

2. Pengertian Sedekah

Sedekah sendiri berasal dari kata sidiq dalam bahasa Arab yang artinya kebenaran. 

Adapun sedekah adalah harta atau nonharta yang dikeluarkan oleh orang atau badan usaha yang juga untuk kepentingan umum.

3. Persamaan Infak dan Sedekah

Meski sama-sama merupakan ibadah yang dianjurkan, sedekah dan infak hukumnya adalah sunnah. Hukumnya berbeda dengan zakat yang wajib untuk ditunaikan. Dengan demikian, dapat diartikan bila tidak melakukan sedekah dan infak tidak akan melanggar perintah Allah.

4. Memiliki Keberkahan di Dalamnya

Meski begitu, sama seperti zakat, balasan berupa pahala dan keberkahan yang banyak akan diberikan kepada orang yang melakukan infak dan sedekah.

Hal ini sesuai dengan uraian dalam QS. Al-Baqarah ayat 267, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, berinfaklah [di jalan Allah] sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu.

Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji,” (Al-Baqarah:267).

5. Perbedaan Infak dan Sedekah: Wujud yang Dikeluarkan

Perbedaan infak dan sedekah yang adalah bentuk atau wujud hal yang dikeluarkan. Pada infak, wujud hal yang dapat dikeluarkan hanyalah berupa harta benda. 

Beda halnya dengan sedekah yang tidak terbatas pada harta benda, tetapi juga hal lain seperti senyuman, doa-doa baik, serta pertolongan misalnya.