Di-ACC Heru Budi, Semua Masjid di Jakarta Setor Infak ke Rekening Ormas Demi Bantu Korban Gempa Cianjur

Ruth Meliana Dwi Indriani
Di-ACC Heru Budi, Semua Masjid di Jakarta Setor Infak ke Rekening Ormas Demi Bantu Korban Gempa Cianjur
Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Seluruh masjid di Jakarta diminta menyetor ke rekening ormas. Untuk apa? Berikut fakta-faktanya.

Suara.com - Semua masjid di Jakarta dimintai setoran 50 persen infak ke rekening organisasi massa (ormas). Untuk apa? Ormas ini bahkan menemui Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di Balai Kota pada Kamis (1/12/2022) sore untuk meminta persetujuan.

Lantas, seperti apa kebenaran dari kabar ini? Simak informasi terkait fakta selengkapnya pada poin-poin berikut. Mulai dari alasan, tujuan, hingga keputusan Heru Budi Hartono soal kegiatan infak tersebut.

Alasan dan Tujuan

Menggerakan aksi itu tentu bukan tanpa alasan dan tujuan. Sejumlah ormas ini berencana menyalurkan donasi untuk para korban gempa Cianjur. 

Baca Juga: Masjid Thalhah Ubaidillah Diresmikan, Jadi Ikon Baru Tanjung Bira Bulukumba

Rencana tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta Munahar Muchtar.

"Ada ide dari kawan-kawan untuk donasi (gempa) Cianjur. (Donasi berasal dari) gabungan seluruh ormas yang ada di DKI Jakarta," lanjut Munahar.

Nama Sejumlah Ormas

Adapun sejumlah ormas yang tergabung dalam kegiatan tersebut antara lain NU, Dewan Masjid Indonesia, Muhammadiyah, Lembaga Dakwah Islam Indonesia, hingga Mathlaul Anwar. Mereka kompak menggabungkan donasi untuk dikumpulkan bersama-sama.

"Semua ormas dari DMI, NU dan Muhammadiyah. Semua lah. Jadi menggabungkan donasi-donasi supaya dikumpulkan bersama," jelas Munahar.

Baca Juga: Heru Budi: Penanganan Kemiskinan di Jakarta Terkendala Penambahan Pendatang

Disetujui Penjabat Gubernur DKI Jakarta

Munahar menyebut rencana ini sudah disampaikan dan disetujui oleh Heru Budi Hartono. Nantinya, surat imbauan bakal diedarkan ke seluruh masjid di ibu kota Indonesia agar menyetorkan 50 persen infaknya ke rekening perwakilan ormas.

"Kami mengimbau seluruh masjid yang ada di DKI Jakarta dalam dua Jumat ini bisa menyisihkan 50 persen dari kotak amal untuk (gempa) Cianjur. Itu maklumatnya sudah kami keluarkan. Satu pintu, ada rekeningnya," imbau Munahar.

Tak hanya Munahar, beberapa tokoh juga turut hadir dalam pertemuan bersama Heru. Mereka adalah Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI, Syamsul Ma'arif dan Ketua DMI, DKI Makmun Al Ayyubi.

Makmun Al Ayyubi menyatakan dukungannya terhadap gagasan tersebut. Ia menilai, kegiatan ini mampu menciptakan solidaritas dalam membantu sesama umat manusia. Ditambah membangun kepercayaan bahwa ajakan ormas Islam itu untuk tujuan kemanusiaan.

Sementara itu, Syamsul Ma'arif, mengungkapkan bahwa ormas Islam perlu memberikan panduan dasar keagamaan kepada masjid-masjid yang ada di Jakarta. Dengan begitu, menurutnya, masyarakat bisa menjadi lebih sadar untuk berinfak.

Penyaluran Infak Berlangsung Dua Kali

Munahar menyebut penyaluran 50 persen infak Jumat ini akan dilakukan sebanyak dua kali. Begitu donasi gempa Cianjur terkumpul, pihaknya bakal menyalurkan langsung bantuan ke Bupati Cianjur. Ormas-ormas yang tergabung juga akan ikut mengiringi demi keamanan.

"Nanti InsyaAllah akan dilepas dari Balai Kota ini. Jadi semua rombongan nanti, diiringi dengan ormas-ormas bantuan yang ada kami akan berangkat bersama-sama menyampaikan donasi langsung ke Cianjur," terangnya.

"(Donasi rencana) akan diterima oleh Bupati Cianjur, juga ormas Islam yang ada di Cianjur sehingga ada kebersamaan," tandasnya.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti