Jangan Langsung Tidur setelah Sahur, Ternyata Ini 3 Bahayanya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Jangan Langsung Tidur setelah Sahur, Ternyata Ini 3 Bahayanya
ilustrasi tidur malam (freepik.com/jcomp)

Apa saja bahaya tidur setelah sahur bagi kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui? Berikut beberapa di antaranya.

Suara.com - Setelah makan, tubuh akan secara alami merasa lebih lelah juga mengantuk. Padahal tidur setelah makan itu tidak disarankan, termasuk usai sahur. Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan potensi sejumlah penyakit. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bahaya tidur setelah sahur.

Lantas, apa saja bahayanya? Simak berikut ini bahaya tidur setelah sahur yang penting untuk diketahui, dilansir dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan risiko heartburn

Makanan yang masuk ke dalam perut dapat meningkatkan produksi asam dalam perut. Saat berbaring atau tertidur, tubuh akan kesulitan mencerna makanan sehingga asam kembali naik ke esofagus dan memicu refluks.

Baca Juga: Wajah Lesu Reino Barack Saat Makan Mewah Bersama Syahrini Jadi Gunjingan

ilustrasi sakit perut (freepik.com)
ilustrasi sakit perut (freepik.com)

Kondisi seperti ini membuat dada menjadi terasa perih atau panas seperti terbakar yang disebut sebagai heartburn. Ini memicu rasa tak nyaman saat berbaring atau membungkuk dan bisa membuat kualitas tidur menjadi terganggu.

2. Menurunkan kualitas tidur

Merasa mengantuk usai makan memang hal yang wajar. Akan tetapi, tidur setelah sahur justru dapat membuat kualitas tidur menurun, terutama jika mengonsumsi makanan dengan porsi lebih besar.

Hal ini dikarenakan sistem pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik. Akibatnya, tidur menjadi terganggu serta menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Selain membuat tubuh merasa lebih lelah usai bangun tidur, suasana hati juga akan menurun serta memicu rasa kantuk berlebihan pada siang hari.

Baca Juga: 4 Tips dan Trik Sederhana agar Anak Mau Makan Sayur, Orang Tua Wajib Tahu

3. Meningkatkan risiko obesitas

Berbaring atau tidur usai sahur juga dapat membuat sistem pencernaan terganggu sehingga makanan yang masuk ke perut tidak dapat dicerna dengan baik. Meski bukan satu-satunya faktor yang dapat memicu obesitas, kebiasaan ini membuat tubuh tidak dapat membakar kalori sehingga memicu kenaikan berat badan.

Risiko obesitas pun bertambah besar saat kamu jarang berolahraga atau kurang melakukan aktivitas fisik. Bahkan, ini juga dapat memicu penyakit lainnya yang juga berbahaya stroke, penyakit jantung, dan lainnya.

Jadi, walaupun mengantuk usai makan adalah kondisi yang wajar, disarankan agar tidak langsung tidur. Cobalah untuk memberi jeda sekitar 3 jam sebelum tidur atau berbaring agar tubuh dapat mencerna makanan sekaligus menghindari bahaya tidur setelah sahur lainnya.

Demikian ulasan mengenai bahaya tidur setelah sahur bagi kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi