Viral Kucing Seolah Sedang Memijat Pemiliknya, Apa Sih Maknanya?

Penasaran dengan kucing peliharaan yang memijat atau membentuk gerakan seperti menguleni tubuh saat di pangkuan. Kira-kira, apa ya maknanya?

M. Reza SulaimanDini Afrianti Efendi
Jum'at, 09 Juni 2023 | 11:04 WIB
Viral Kucing Seolah Sedang Memijat Pemiliknya, Apa Sih Maknanya?
ilustrasi kucing (Pexels)

Suara.com - Banyak pemilik anabul (anak bulu) dibuat penasaran saat kucing peliharaan memijat atau membentuk gerakan seperti menguleni tubuh saat di pangkuan. Kira-kira, apa ya maknanya?

Gerakan kucing memijat ini sangat khas, yaitu mendorong masuk dan keluar cakarnya bergantian kanan dan kiri, sensasi tubuh yang menerimanya juga seolah sedang dipijat. Tindakan ini disebut dengan making biscuits kerap dilakukan di atas selimut, pangkuan seseorang atau hewan lainnya.

Mengutip Live Science, Senin (5/6/2023) hingga saat ini tidak ada penjelasan yang pasti mengapa kucing melakukan gerakan tersebut.

Namun Profesor Perilaku Hewan, University of Adelaide, Susan Hazel mengatakan perilaku ini adalah sisa kebiasaan saat masih jadi kitten atau jadi anak kucing. Apalagi selama fase minum susu, kucing akan menginjak-injak tubuh induknya untuk merangsang keluarnya air susu.

Baca Juga:Mungkinkah Lina Mukherjee Alami Zoofilia karena Berkhayal Melakukan Hubungan Seks dengan Kucing?

Ilustrasi kucing (pixabay.com)
Ilustrasi kucing (pixabay.com)

"Perilaku memijat sangat mirip dengan yang dilakukan anak kucing saat menyusu. Proses menyusu dan juga feromon yang dilepaskan di sekitar kelenjar susu, mungkin menjadikan aktivitas yang sangat menyenangkan," kata Hazel.

Uniknya, perilaku ini bisa bertahan hingga kucing dewasa, khususnya saat ia berhadapan dengan seseorang yang memberikan rasa aman, saat duduk di atas bantal atau selimut yang sangat lembut.

"Karena mereka mengasosiasikan perilaku menginjak kaki mereka dengan kenyamanan yang mereka rasakan saat berada dalam perawatan ibunya," papar Perawat Hewan di International Cat Care Inggris, Laura Watson.

Tidak hanya itu, tidak jarang kucing akan mengeluarkan air liur saat melakukan perilaku ini. Bahkan mereka mungkin menyusu pada permukaan yang mereka pijat. Apalagi saat melakukannya kucing akan meninggalkan jejak aroma untuk menandai wilayah mereka.

"Saya pikir ada perbedaan antara perilaku memijat yang terlihat saat kucing santai di pangkuan Anda. Misalnya saat menggaruk benda seperti pohon untuk menyimpan aroma," tutup Hazel.

Baca Juga:Agak Lain, Lina Mukherjee Ngaku Pernah Berkhayal ML dengan Kucing

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

LIFESTYLE

TERKINI